IBL

Cabang olahraga (cabor) 3X3 telah berakhir. Thailand menjadi negara yang penuh berpesta di cabor ini. Thailand berhasil mengawinkan gelar di nomor putra dan putri. Menariknya, keduanya diraih usai mengalahkan tim tuan rumah.

Tim putri mengalahkan Vietnam dengan skor 21-19. Gim berlangsung dengan sangat ketat. Thailand yang memenangkan seluruh gim babak grup dan semifinalnya dengan nyaris sempurna, mendapatkan perlawanan dari Vietnam dan para pendukung tuan rumah. Namun, dua poin dari Rujiwan Bunsinprom jadi penentu kemenangan di partai menentukan ini.

Hasil ini membuat Thailand berhasil memperbaiki prestasi mereka tahun lalu. Thailand mendapatkan medali perak tahun lalu usai kalah dari Filipina di final. Filipina juga adalah tuan rumah di gelaran 2019.

Timnas putri Indonesia jadi peraih medali perunggu dengan mengalahkan Filipina 16-10. Filipina kesulitan menembus pertahanan Indonesia yang tampil cukup solid dengan Ayu Sriartha dan Kimberley Pierre-Louis. Ini adalah medali pertama tim putri di basket 3X3.

Persaingan di nomor putra pun tak kalah seru. Usai mengalahkan Filipina di semifinal, Thailand melaju ke final dan menghadapi Vietnam yang membalas kekalahan atas Indonesia di babak grup 

Sekali lagi, peran para pendukung tuan rumah cukup memberikan intimidasi bagi Thailand. Ini pula yang membuat Thailand kehilangan momentum di akhir laga dan Vietnam berhasil mengejar bahkan sempat membalik kedudukan sebelum Antonio Price Soonthornchote atau yang dikenal juga sebagai Tra Holder menyamakan kedudukan 17-17.

Skor ini berakhir saat bel akhir gim berbunyi dan gim dilanjutkan ke babak tambahan waktu. Vietnam yang mendapatkan penguasaan bola pertama gagal melakukan eksekusi. Sedangkan Thailand, sekali lagi melalui Holder berhasil langsung mencetak dua poin dan menjadi peraih medali emas.

Di gim sebelumnya, medali perunggu diamankan oleh Filipina dengan mengalahkan Indonesia 14-10. Indonesia yang menang di gim babak grup tak memberikan perlawanan berarti di gim perebutan perunggu ini.

Indonesia pun harus pulang dengan tangan hampa dan misi mempertahankan medali perak pun kandas dengan hasil ini. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan, Yoga Prakasita 

Komentar