IBL

FIBA 3x3 Asia Cup 2023 akan dimulai besok. Hari ini (28/3) Timnas Indonesia bertolak ke Singapura. Tim asuhan Tri Hartanto itu membawa empat pemain. Mereka adalah Rio Disi, Ikram Fadhil, Agus Salim dan Avan Seputra. Mereka merupakan empat dari enam pemain terbaru yang dipanggil timnas. Sedangkan dua pemain yang tidak ikut adalah Randy Ady Prasetya dan Muhamad Reza Guntara.

Dalam FIBA 3x3 Asia Cup 2023 ini, Indonesia bersaing melalui babak kualifikasi terlebih dahulu. Tim Merah Putih akan melawan Sri Lanka, Tahiti, dan Taiwan. Jika lolos dari kualifikasi tersebut, Indonesia masuk Grup A bersama Singapura dan Mongolia.

Baca juga: Jelang FIBA Asia Cup 2023, Timnas 3x3 Rombak Susunan Pelatih

“Tanggal 29 dan 30 (Maret) kami kualifikasi dulu. Harapannya lolos di fase ini untuk masuk di main eventnya,” ujar Coach Tri dikutip dari rilis resmi PP Perbasi. Coach Tri mengatakan bahwa persaingan turnamen ini merata. “Jika pun ada yang menonjol adalah Sri Lanka. Negara ini sangat serius membangun tim 3X3.”

Pria yang pernah melatih SMAN 28 Jakarta di ajang DBL itu mengatakan pemilihan pemain sudah merupakan yang terbaik. Mereka memasuki usia emas. Dari empat pemain itu Rio Disi menjadi yang paling senior di usia 30 tahun. Sedangkan Ikram termuda 24 tahun

“Tidak ada masalah dengan pemain. Mereka ini memasuki usia emas juga sudah terbiasa main di 3X3, di IBL 3x3 juga. Harapannya pemain tunjukkan yang terbaik,” lanjutnya.

Setelah jeda IBL 2023, Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan. Timnas 3x3 melakukan sesi latihan perdana pada 23 Maret lalu di Playfield Palmerah Basketball Court, Jakarta. Momen itu juga menjadi hari pertama Coach Tri menangani timnas sebagai pelatih kepala. Sebab, ia juga menggantikan Raoul Miguel Hadinoto.

Dari pengalaman sebelumnya, Coach Tri pernah menjadi asisten pelatih 3x3 Ali Budimansyah saat meraih perak pada SEA Games 2019 lalu. Coach Tri juga menangani Timnas 3x3 Putri U-18 dan meraih peringkat keenam pada FIBA World Cup U-18 2019 di Mongolia.

Dalam karier kepelatihannya, Coach Tri pernah membawa Timnas 3X3 Putri juara di FIBA 3X3 Asia Cup U-18 pada 2017 di Malaysia. Saat itu, kekuatan timnas diisi Lea Kahol, Nathania Claresta Orville, Valencia Pramono, dan Michelle Kurniawan di partai puncak kalahkan Malaysia 13-6. (rag)

 

Jadwal Kualifikasi

29 Maret 2023

Pukul 10.25

Indonesia vs Sri Lanka

 

Pukul 18.45

Indonesia vs Taiwan

 

30 Maret

Pukul 10.00

Indonesia vs Tahiti

 

Foto: Perbasi

Komentar