IBL

Tim Nasional Basket Indonesia menang 99-54 atas Makau, Rabu, 28 November 2018. Ini merupakan pertandingan kedua Indonesia pada Pra Kualifikasi Wilayah Timur Piala Asia FIBA 2021. Indonesia, Malaysia, dan Makau masuk ke babak berikutnya. Di fase kedua ini, enam negara akan bertanding memperebutkan empat tiket Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021.

Andakara Prastawa Dyaksa mencetak 19 poin, lalu Jamarr Andre Johnson 15 poin, Kaleb Ramot Gemilang 12 poin, Avan Seputra 11 poin, dan Adhi Pratama Prasetyo Putra 10 poin.

Indonesia cukup menguasai jalannya laga dengan memimpin 22-20 di kuarter pertama. Prastawa mencetak 12 poin di kuarter ini.

Di awal kuarter kedua, Indonesia melesat 14-3 dan unggul 36-23. Indonesia tidak memberi ruang bagi Makau untuk melepas tembakan tripoin. Justru Indonesia semakin dominan dengan mengandalkan barisan big man. Indonesia memimpin 53-32 saat jeda pertandingan. Jamarr Johnson sudah membukukan 12 poin selama dua kuarter.

Di kuarter ketiga, Indonesia perkasa dengan mencetak lebih banyak poin. Indonesia menambahkan 21 poin, dan Makau hanya membalas 9 poin saja. Indonesia memimpin 74-41 di akhir kuarter ketiga. Kemudian di kuarter keempat, Indonesia menambahkan 35 poin.

Dominan di area kunci, Indonesia merebut 48 rebound (17 offensive rebound, 31 defensive rebound). Indonesia membuat 54 poin di area kunci, serta mencetak 27 poin dari 18 turn over Makau.

Sebenarnya, apa pun hasilnya, Indonesia, Makau, dan Malaysia tetap lolos ke fase kedua. Karena di fase pertama, hanya ada tiga tim di Grup A. Sedangkan di Grup B ada empat tim, sehingga satu tim tereliminasi. Selanjutnya Indonesia akan bertanding di fase kedua. Fase ini sangat penting, sebab enam negara akan berebut empat tiket ke Kualifikasi Piala Asia FIBA yang rencananya digelar November 2019 mendatang. (tor)

Foto: fiba.com

Komentar