IBL

Tim Nasional Basket Putra Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021. Kepastian tersebut didapatkan setelah Indonesia menang 71-65 atas Thailand, di Stadium 29, Nonthaburi, Sabtu, 1 Desember 2018. Indonesia menduduki peringkat kedua di bawah Guam. Sedangkan dua tiket kualifikasi lainnya didapatkan oleh Thailand dan Malaysia.

Arki Dikania Wisnu tampil sebagai pencetak poin terbanyak dengan membuat 17 poin. Andakara Prastawa menambahkan 14 poin, disusul Jamarr Andre Johnson dengan 11 poin, dan Kaleb Ramot Gemilang yang menyumbang 10 poin. Bintang Thailand, Moses Morgan memborong 35 poin di laga ini. Lalu Chanatip Jakrawan menambahkan 11 poin.

Indonesia tertinggal 35-39 di babak pertama. Tembakan tiga angka Valentino Wuwungan di empat menit kuarter ketiga membuat Indonesia berbalik unggul 41-40. Sejak saat itu, Indonesia memimpin jalannya laga hingga usai. Di babak kedua, Indonesia lebih produktif dari Thailand dengan keunggulan 36-26.

Indonesia mencatatkan 36 poin dari area cat (paint area) dan merebut 45 rebound. Indonesia juga tertolong akurasi tembakan bebas dengan mencetak 12 dari 15 kesempatan. Tapi penguasaan bola Indonesia kurang bagus. Mereka melakukan 24 turn over yang dimanfaatkan menjadi 18 poin oleh Thailand.

Indonesia mendapatkan satu dari empat tiket Kualifikasi Piala Asia FIBA 2021 yang rencananya digelar November 2019 mendatang. Di peringkat pertama ada Guam dengan rekor 5-0. Kemudian ada tiga tim yang mencetak rekor 3-2, yaitu Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Indonesia ada di peringkat kedua karena unggul head-to-head dari Thailand. Meski sempat kalah dari Malaysia di fase pertama, Indonesia ternyata lebih unggul dalam produktifitas poin (goal difference). (tor)

Foto: fiba.com

Komentar