IBL

Timnas Amerika Serikat menjadi tim ke-18 yang lolos ke FIBA World Cup 2023. Kepastian itu terjadi setelah AS mengalahkan Uruguay 88-77 pada Kamis (23/2) jendela ketiga kualifikasi zona Amerika di Antel Arena, Montevideo.  

AS menjadi tim pertama dari zona Amerika yang lolos ke putaran final. Mereka menyisakan satu gim lagi di jendela ketiga ini. Pada Minggu (26/2) mendatang mereka akan melawan Brazil di Santa Cruz do Sul. Untuk sementara ini AS meraih sembilan kemenangan dari 11 gim.

“Saya sangat bangga dengan tim ini dan bersyukur atas kesempatan yang diberikan untuk membawa tim ini lolos ke World Cup. Saya mewakili Amerika Serikat di dada saya dan semua orang yang telah menjadi bagian dari perjalanan tim ini Kami menyelesaikan tugas untuk lolos ke World Cup,” kata Langston Galloway.

Dalam gim tersebut, Galloway memimpin AS dengan menyumbang 21 poin dengan 4/8 tripoin. Xavier Moon mencetak 17 poin dan enam asis. Disusul Deonte Burton dan Reginald Perry masing-masing 11 poin.

AS mendapat tiket ke putaran final dalam waktu 15 bulan. Mereka menjalani 11 pertandingan dengan enam roster yang berbeda yang mencangkup total 52 pemain. Mereka memainkan para pemain G-League untuk tampil di babak kualifikasi. Sedangkan para pemain NBA akan tampil di babak final.

Hal yang sama juga berlaku untuk staf pelatih. Selama enam jendela kualifikasi, Jim Boylen ditunjuk sebagai pelatih AS. Nah, dalam FIBA World Cup 2023 nanti, AS akan ditangani oleh Steve Kerr. Ia dibantu oleh Erik Spoelstra, Tyronn Lue dan Mark Few.

AS telah memenangkan World Cup sebanyak lima kali. Tetapi pada edisi 2019 lalu, mereka hanya finis di urutan ketujuh. Ini menjadi hasil terburuk AS selama mengikuti turnamen tersebut. Sebelumnya mereka pernah finis di urutan keenam pada edisi 2002.

Pada FIBA World Cup 2023 nanti ada total 32 tim yang bertanding. Putaran final dijadwalkan pada 25 Agustus-10 September mendatang di Jakarta (Indonesia), Manila (Filipina), dan Okinawa (Jepang). Undian dilakukan pada 29 April 2023 di Manila. AS sudah diputuskan bermain di Filipina. Sedangkan Kanada akan bermain di Indonesia. (rag)

Foto: FIBA

Komentar