IBL

FIBA akan menyelanggarakan undian untuk babak Kualifikasi FIBA World Cup 2023, pada hari Selasa, 31 Agustus 2021. Acara ini berlangsung di markas besar FIBA Patrick Baumann House of Basketball, Swiss, serta tidak dihadiri peserta, alias virtual. FIBA akan menyiarkan secara langsung pengundian tersebut. Lalu hasilnya bisa dilihat di situs resmi FIBA.

FIBA World Cup 2023 akan berlangsung di Indonesia, Jepang dan Filipina. Ini jadi catatan sejarah baru untuk kejuaraan tersebut, karena digelar di beberapa negara tuan rumah. Di babak kualifikasi nanti, semua negara wajib mengikuti, termasuk tuan rumah.

FIBA kembali melajutkan format kualifikasi yang digunakan pada World Cup 2019. Babak kualifikasi ini terdiri dari enam jendela (windows), dan masing-masing jendela berlangsung selama sembilan hari. Jadi kualifikasi World Cup 2023 akan berlangsung selama 15 bulan di empat wilayah, yaitu Afrika, Amerika, Asia/Oceania, dan Eropa.

FIBA mencatat ada 80 negara yang bersaing di babak kualifikasi nanti. Mereka akan memperebutkan 32 tiket ke World Cup 2023. Sehingga akan ada 420 pertandingan selama babak kualifikasi nanti.

Skenario tuan rumah berbeda untuk Filipina, Jepang dan Indonesia. Khusus untk Filipina dan Jepang, mereka otomatis lolos ke FIBA World Cup 2023. Namun kedua tim tetap bermain di babak kualifikasi putaran pertama dan kedua. Sementara Indonesia bisa lolos ke FIBA World Cup 2023, dengan syarat ada di delapan besar FIBA Asia Cup 2021. Kalau gagal, maka Indonesia masih punya tiket ke World Cup melalui babak kualifikasi.

Acara drawing kualifikasi FIBA World Cup 2023 bisa disaksikan melalui akun YouTube FIBA. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar