IBL

Samahang Basketball ng Pilipinas (SBP) atau federasi basket Filipina segera menyiapkan venue pertandingan Piala Dunia Basket (FIBA World Cup) 2023 setelah pembatasan sosial negaranya dicabut. Persiapan Filipina harus maksimal, karena akan menjadi tempat penyelenggaraan fase-fase akhir Piala Dunia Basket.

FIBA mengumumkan bahwa Piala Dunia Basket akan berlangsung 25 Agustus hingga 10 September 2023. Keputusan tersebut dirilis minggu lalu. Untuk Filipina, mereka menyiapkan tiga venue pertandingan yaitu Smart Araneta Coliseum di Quezon City, Mall of Asia Arena di Pasay City, dan Philippine Arena di Bulacan.

Saat ini Filipina sedang diberlakukan pembatasan sosial. Sehingga SBP belum bisa melakukan persiapan untuk menyambut gelaran Piala Dunia Basket 2023. Saat karantina masyarakat dicabut, SBP akan segera melakukan persiapan.

"Pengumuman FIBA tentu berita positif dan dinanti-nantikan di tengah situasi sulit yang dihadapi seluruh dunia saat ini," kata Al Panlilio, ketua SBP. "Kami akan bekerja bahu membahu melakukan persiapan maksimal. Kerena turnamen ini menjadi sejarah bagi bola basket Filipina."

Filipina akan mencontoh standar penyelenggaraan Piala Dunia Basket 2019 di Cina lalu. Tetapi mereka juga ingin meningkatkan pelayanan untuk peserta. Filipina menjadi tuan rumah paling istimewa. Sebab menjadi tuan rumah babak penyisihan dan fase terakhir, hingga final.

Piala Dunia Basket 2023 diikuti 32 tim nasional dari seluruh dunia. Di fase penyisihan grup, peserta akan bertanding di tiga negara, yaitu Indonesia, Jepang, dan Filipina. Ini menjadi sejarah baru di Piala Dunia Basket, karena tuan rumah lebih dari satu negara. (tor)

Foto: FIBA

Komentar