IBL

Tim nasional (timnas) Indonesia akan berlaga di jendela ketiga Kualifikasi FIBA World Cup 2023. Mereka akan melawan Arab Saudi pada lusa, dan Jordania pada Senin, 4 Juli di Istora Senayan, Jakarta.

Tetapi Tim Merah Putih tidak bisa tampil dengan kekuatan penuh. Abraham Damar Grahita tidak bisa turun di dua gim tersebut. Dia mengalami peradangan lutut. Dalam latihan pertama di Istora Senayan pada Rabu, 29 Juni itu, Bram menjalani sesi latihan terpisah.

Pelatih Rajko Toroman memastikan bahwa Bram akan istirahat agar tetap bisa tampil di FIBA Asia Cup 2022 yang berlangsung pada 12-23 Juli mendatang. “Bram sudah tidak berlatih selama tiga hari. Dia akan bermain di FIBA Asia,” kata Toroman yang ditemui usai sesi latihan.

Bram sendiri menjelaskan bahwa cedera tersebut karena intensitas bermainnya terlalu tinggi. Akibatnya lututnya mengalami peradangan. Sejak kembali dari Australia, Bram sudah tidak berlatih penuh karena merasakan sakit. Untuk itu dia harus istirahat.

“Kata dokter harus istirahat 10-21 hari. Tetapi kayaknya tidak memungkinan ya. Semoga saja nanti bisa bermain di FIBA Asia Cup 2022,” kata pemain Prawira Bandung itu.

Kondisi itu membuat Bram kecewa. “Sebagai pemain profesional, bermain di gim internasional untuk timnas itu sangat penting dan berharga. Apalagi ini teman-teman saya “perang”, saya cuma bisa melihat,” ujarnya.

Selama masa perawatan itu, Bram menjalani masa istirahat aktif. Hal ini agar kondisi badannya tidak terlalu drop ketika kembali bermain nanti.

Hasil pertandingan jendela ketiga tersebut memang tidak berpengaruh pada hasil Indonesia di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 zona Asia/Oseania. Indonesia di posisi buncit di grup C setelah kalah dari Jordania, Lebanon, dan Arab Saudi.

Tetapi mereka memanfaatkan gim tersebut untuk pemanasan. Apalagi Jordania dan Arab Saudi juga masuk di grup A FIBA Asia Cup 2022 bersama Indonesia dan Australia.

Meski menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang, Indonesia harus mengejar tiket ke FIBA World Cup 2023 melalui jalur lain. Indonesia harus masuk delapan besar FIBA Asia Cup 2022 agar bisa tampil di negeri sendiri tahun depan. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar