IBL

Timnas basket Indonesia akan melawan Arab Saudi besok di Istora Senayan, Jakarta pada pukul 19.30 WIB. Laga tersebut memang sudah tidak berpengaruh apapun bagi Indonesia di Kualifikasi FIBA World Cup 2023 zona Asia-Oseania. Tetapi gim tersebut tetap penting untuk menguji beberapa pemain.

Dalam gim tersebut pelatih Rajko Toroman menegaskan bahwa Abraham Damar Grahita akan absen. Bram sedang mengalami masalah peradangan lutut yang membuatnya harus istirahat. Hal itu dilakukan agar Bram tetap bisa tampil di FIBA Asia Cup 2022 yang berlangsung pada 12-23 Juli mendatang.

https://www.mainbasket.com/r/12977/abraham-damar-grahita-absen-di-kualifikasi-fiba-world-cup-2023

Bram sendiri merupakan garda andalan Indonesia. Karena dia sedang cedera, maka posisi Bram akan digantikan oleh Muhammad Arighi Hadran Noor.

“Arighi akan menggantikan posisi Bram. Dia ikut ke Australia dan menunjukkan banyak hal baik. Dia pemain bagus, punya banyak energi, dan penembak yang bagus. Saya pikir dia (Arighi) bisa menggantikan posisi Bram,” ungkap Coach Toro Wisnu saat jumpa pers di GBK Arena, Jakarta pada Kamis, 30 Juni itu.

Dalam dua gim melawan Arab Saudi dan Jordania nanti, Coach Toro berharap timnya bisa tampil bagus. Selain menguji beberapa pemain, Arab Saudi dan Jordania juga satu tim dengan Indonesia di grup A FIBA Asia Cup 2022 bersama dengan Australia.

“Hasil memang tidak terlalu penting. Tetapi kami akan melihat bagaimana kami bisa melawan tim dari Timur Tengah. Kami adalah tim yang berbeda ketika melawan mereka di pertemuan sebelumnya,” kata pelatih asal Serbia itu.

“Kami mengganti Lester Prosper dengan Marques Bolden. Sekarang kami punya postur. Kami bisa menjaga ring. Dibandingkan pertemuan sebelumnya, sekarang tim kami jauh lebih baik,” imbuhnya.

Apalagi pada pertemuan sebelumnya di jendela kedua di Amman, Jordania, ada beberapa pemain yang tidak turun. Seperti Arki Dikania Wisnu, Derrick Michael Xzavierro, dan Marques Bolden.

“Bukan berarti kami asal main saja. Saya kan tidak bermain saat melawan Arab Saudi dan Jordania di pertemuan sebelumnya. Ini akan jadi pertama kalinya saya bertemu mereka. Jadi ajang kepaduan kami juga dari sisi pemain,” kata Arki. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar