IBL

Brooklyn Nets curi kemenangan 102-101 di kandang Miami Heat, Minggu (8/1), waktu setempat. Gim yang berlangsung sengit ini harus dituntaskan hingga detik terakhir pertandingan.

Tertinggal satu poin (101-100) di sisa 13 detik, Nets berhasil melakukan defensive stop dan mendapatkan rebound. Tidak mengambil timeout, Nets mempercayakan bola kepada Kyrie Irving yang tiga detik kemudian melepaskan tripoin di hampir setengah lapangan.

Bola terlalu kencang dan membuat kedua tim berebut rebound hingga akhirnya jatuh ke Royce O'Neale dan menjadi tembakan kemenangan untuk Nets. Heat masih punya peluang memenangkan gim namun upaya layup Jimmy Butler yang diganggu oleh O'Neale meleset. 

Kyrie jadi top skor gim dengan 29 poin dan 6 asis. O'Neale menutup gim dengan 8 poin, 6 rebound, dan 6 asis. Ini adalah kali kedua musim ini ia menentukan kemenangan Nets di bawah lima detik terakhir. 

Kevin Durant menambahkan 17 poin sebelum ditarik keluar pada kuarter tiga karena masalah di lututnya. KD terjebak saat Jimmy Butler terjatuh dan menimpa lutut kanannya. Usai gim, kepala pelatih Nets, Jacque Vaughn mengatakan bahwa KD akan menjalani MRI esok hari. 

Nic Claxton melanjutkan tren apiknya sebagai salah satu calon pemain bertahan terbaik musim ini dengan dobel-dobel 13 poin, 11 rebound, dan 3 blok. Seth Curry dan T.J. Warren menambahkan 14 dan 10 poin dari bangku cadangan. 

Nets menang 18 kali dalam 20 gim terakhir. Ini adalah catatan terbaik organisasi Nets sepanjang sejarah. Selain itu, sejak Kyrie kembali dari masa hukuman 24 gim yang lalu, Nets memiliki rekor (20-4). Nets masih di peringkat dua klasemen sementara Wilayah Timur dengan total rekor (27-13). 

Terlepas dari meleset dua kali di akhir gim, Butler tetaplah top skor Heat dengan 26 poin dan 8 rebound. Tyler Herro menyusul dengan 24 poin. Bam Adebayo, Haywood Highsmith, dan Max Strus masing-masing mencetak 10 poin. Bam hanya bermain 28 menit karena masalah di tangannya. 

Heat masih tertahan di peringkat delapan klasemen sementara Wilayah Timur dengan catatan menang-kalah (21-20). Heat berjarak dua kemenangan dari Indiana Pacers di peringkat tujuh. 

Heat akan coba memangkas jarak tersebut di gim selanjutnya melawan Oklahoma City Thunder, lusa, masih di Miami. Nets sendiri akan mendapatkan jatah libur lumayan panjang. Mereka baru bermain lagi tubin, menjamu Boston Celtics di Brooklyn. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar