IBL

Duel klasik Boston Celtics melawan Los Angeles Lakers tersaji di Crypto.com Arena, Selasa (13/12), waktu setempat. Berlangsung hingga tambahan waktu (overtime), Celtics berhasil mencuri kemenangan 122-118. 

Gim berjalan dengan cukup menarik. Celtics mengambil inisiatif serangan dan sempat unggul 20 poin di awal kuarter tiga. Namun, Lakers bangkit di akhir kuarter yang sama. Mereka melaju (31-5) dan berbalik unggul 10 poin di sisa lima menit gim. 

Dari sini, Lakers justru kehilangan momentum akibat stamina mereka yang cukup terkuras. Setelah memaksa kuarter empat berakhir sama kuat di angka 110, Celtics tak terkejar di overtime dengan total laju (29-15) dalam 10 menit terakhir. 

Jayson Tatum semakin menjadi. Kali ini tampil 43 menit, Tatum mencetak 44 poin, 9 rebound, dan 6 asis. Tatum memasukkan 15/29 tembakan (52 persen) termasuk 5/10 tripoin. 

Jaylen Brown juga tetap solid dengan dobel-dobel 25 poin, 15 rebound, 5 asis, dan 3 steal. Brown adalah pemain Celtics pertama yang memiliki statistik di atas sejak Antoine Walker pada medio 2000-an. 

Marcus Smart turut memberikan bantuan besar dengan 18 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Derrick White melengkapi daftar dengan 10 poin. Celtics turun di 10 menit terakhir dengan komposisi Tatum, Brown, Smart, Grant Williams, dan Luke Kornet. 

Dari Lakers, Anthony Davis memimpin tim dengan dobel-dobel 37 poin dan 12 rebound. Sayangnya, seluruh poin Davis terjadi di periode empat kuarter saja. Ia tak mencetak satu poin pun di overtime. Bahkan, Davis hanya sekali mendapatkan bola dan melepaskan tembakan di periode tersebut.

Russell Westbrook juga dobel-dobel 20 poin, 14 rebound, dan 5 asis. Westbrook masih memulai laga dari bangku cadangan. LeBron James melengkapi daftar 33 poin, 9 rebound, plus 9 asis. Tidak ada pemain Lakers lain yang mencetak dua digit poin hari ini. 

Hasil ini memutus rangkaian buruk dua kekalahan beruntun Celtics. Celtics kembali ke jalur kemenangan dan masih jadi tim terbaik sejauh ini dengan rekor menang-kalah (22-7). Sebaliknya untuk Lakers, hasil ini terus membuat mereka tersendat di klasemen. Lakers baru mengantongi 11 kemenangan dari 28 gim dan terdampar di peringkat 12 klasemen sementara Wilayah Barat. 

Lusa, keduanya akan bermain lagi dan sama-sama sebagai tuan rumah. Lakers menjamu Denver Nuggets sedangkan Celtics melawan Orlando Magic. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar