IBL

Alperen Sengun mencetak delapan poin, delapan rebound, dan satu asis saat Houston Rockets mengalahkan Philadelphia 76ers. Raihan ini membuat Sengun menjadi senter termuda yang mencapai seribu poin dan 200 asis di NBA.

Dalam pertandingan Selasa (5/12) di Toyota Center, Houston itu, Rockets menang 132-123 setelah melalui dua perpanjangan waktu. Sengun tampil selama 34 menit. Memang bukan penampilan terbaiknya. Sengun membuat enam pelanggaran. Meski begitu ia tetap mengukir sejarah.

Sengun berusia 20 tahun 133 hari saat meraih catatan tersebut. Ia berhasil menggeser Brad Daugherty, mantan pemain Cleveland Cavaliers (1986-1996). Saat mencapai angka tersebut, Daugherty berusia 21 tahun.

Pada urutan ketiga senter termuda dengan seribu poin dan 200 asis ditempati oleh Alvan Adams. Disusul Bam Adebayo dan Nikola Jokic. Nama terakhir merupakan pemain idola Sengun.

Hal ini membuat Sengun merasa sangat gembira. “Saya senang ketika mereka membandingkan saya dengannya karena dia (Jokic) adalah idola saya,” kata Sengun usai melawan Denver Nuggets pada 30 November lalu. Saat itu Sengun mencetak 18 poin dan 7 rebound.

Sengun lahir di Giresun, Turki pada 25 Juli 2022. Ia memasuki karier profesional di usia 18 tahun. Sengun bermain di Turkish First League, Turkish Super League, dan Basketball Super League.

Pada musim terakhirnya di Besiktas, Sengun menjadi pemain terbaik liga. Pada hari yang sama pula, Sengun mengumumkan mengikuti NBA Draft 2021. Ia terpilih sebagai urutan ke-16 oleh Oklahoma City Thunder.

Sebagian besar pemain senter memasuki liga dengan usia lebih tua dari Sengun. Sebagai senter muda dengan capaian itu memang mengesankan. Capaian itu diakui oleh Jokic. Ia mengakui Sengun merupakan pemain yang berbakat.

“Mungkin kedengarannya aneh. Tapi saya pikir mereka perlu melibatkannya lebih banyak dalam permainan. Dia (Sengun) bisa mengoper bola. Dia bisa menempatkan posisi dengan baik dan memiliki sentuhan akhir yang mumpuni. Dia memiliki gerakan yang berbeda saat bermain,” puji Jokic usai gim melawan Rockets lalu.

Dalam 93 gim pertamanya, Sengun memiliki rata-rata 10,8 poin, 6,2 rebound, 2,5 asis, 0,8 steal, dan 0,9 blok per gim. Sengun turun dalam 22,1 menit per gim. Ia memiliki persentase tembakan 55,6 persen dan 79,1 persen dari tembakan bebas. (rag)

Foto: NBA, Sport Illustrated

Komentar