IBL

Portland Trail Blazers menjaga rekor bagus mereka di awal musim ini. Bertandang ke Cyrpto.com Arena, kandang Los Angeles Lakers, Blazers menang tipis 106-104, Minggu (23/10). Hasil ini membuat Blazers terus menang di tiga gim pembuka mereka musim ini. 

Gim sebenarnya berlangsung sengit, utamanya di satu menit terakhir pertandingan. Lakers masih unggul 102-101 saat Russell Westbrook tiba-tiba melepaskan tembakan yang sangat terburu-buru di sisa 27 detik gim. 

Westbrook yang saat itu hanya memasukkan 4/14 tembakan melepaskan tembakannya yang ke-15 saat waktu menyerang masih cukup panjang. Shot clock masih menunjukkan 18 detik. Tembakan itu meleset dan Blazers mendapatkan rebound dan menggunakannya untuk timeout. 

Timeout itu pun berujung manis. Damian Lillard yang sedang panas mendapatkan tempat terbaiknya untuk tripoin dan membawa Blazers balik unggul dua poin (104-102). Ini adalah tembakan terakhir di gim ini dari pemain yang akrab disapa Dame tersebut. 

Dame menutup laga dengan 41 poin dan 5 rebound selama 34 menit. Itu juga jadi tripoin masuk keenam Dame dari 13 percobaannya hari ini. Ini juga jadi kali kedua beruntun Dame mencetak 41 poin. 

Dengan sisa waktu 12 detik, Lakers mengambil timeout dan coba memberikan bola kepada LeBron James. Mendapat penjagaan dari Jusuf Nurkic, LeBron menerobos ke arah ring dan langsung melakukan dunk untuk menyamakan kedudukan. 

Blazers yang masih punya timeout tak pikir panjang melihat situasi ini. Jatah timeout dengan sisa tujuh detik tersebut tampaknya masih ditujukan untuk Dame. Namun, karena penjagaan ketat lawan, bola pun berpindah haluan ke Jerami Grant. 

Mendapatkan bola di area baseline kanan serangan mereka dan dijaga oleh LeBron, Grant melihat ada celah untuk menerobos. Dengan dua lantunan bola yang kuat, ia mendapatkan ruang yang cukup untuk layup dan berhasil menyelesaikannya dengan baik. Blazers kembali unggul dua poin. 

Lakers mengambil timeout mereka setelah situasi tersebut. Kembali mengarahkan bola ke LeBron, kali ini ia mendapatkan bola di elbow kiri permainan dan dijaga oleh Dame. Sayangnya, LeBron memilih untuk melakukan fadeaway jump shot dan gagal menemukan sasaran. Blazers pun menang dan Lakers membuka musim dengan nirkemenangan (0-3). 

Selain layup kemenangan tersebut, Grant adalah top skor kedua untuk Blazers hari ini dengan 16 poin. Satu-satunya pemain di luar Dame dan Grant yang menyentuh dua digit poin adalah Anfernee Simons dengan 12 poin. 

Pun begitu, peran besar diemban oleh Nurkic dan Josh Hart yang juga mengisi komposisi starter. Nurkic mengumpulkan 13 rebound dan 4 asis, sementara Hart 16 rebound plus 5 asis. Jumlah 29 rebound keduanya lebih dari separuh dari total rebound Blazers secara tim (52). 

Dari Lakers, LeBron menutup gim dengan 31 poin, 8 rebound, dan 8 asis. Ini adalah 30+ poin kedua LeBron di tiga gim yang sudah mereka lalui. Anthony Davis dobel-dobel 22 poin, 10 rebound, dan 6 blok. Lonnie Walker IV menambahkan 15 poin, sedangkan Westbrook 10 poin, 6 rebound, plus 6 asis. 

Blazers akan kembali ke kandang untuk menjamu Denver Nuggets esok hari. Lakers juga akan menghadapi lawan yang sama. Bedanya, mereka akan bertindak sebagai tamu di Denver dalam gim yang akan digelar tulat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar