IBL

Portland Trail Blazers amankan kemenangan kedua musim ini sekaligus yang perdana di kandang mereka, Moda Center, Portland, Oregon, Amerika Serikat (21/10). Berhadapan dengan Phoenix Suns, Blazers menang dramatis lewat tambahan waktu (overtime) 113-111. 

Kedua tim bermain dengan intensitas tinggi sejak tepis mula. Jarak terbesar keduanya pun hanya pernah mencapai 12 poin oleh Blazers. Di overtime sebenarnya jalan cerita tak berubah. Sampai akhirnya sebuah tembakan runner dari Anfernee Simons membuat kedua tim berjarak dua poin. 

Upaya Suns membalas melalui pick n roll Devin Booker dan Deandre Ayton berujung tembakan gratis. Sayangnya, tembakan gratis Ayton yang pertama meleset. Dengan sisa 1,3 detik, Suns meminta Ayton sengaja untuk meleset dan coba mendapatkan offensive rebound. Skenario berhasil namun Jock Landale yang mendapatkan rebound gagal memasukkan bola.

Simons yang mencetak tembakan kemenangan membukukan 16 poin selama 42 menit. Simons cukup kesulitan menemukan akurasinya untuk memulai laga. Akan tetapi, di saat krusial, ia berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan timnya. 

Mayoritas poin Blazers masih datang dari bintang utama mereka, Damian Lillard. Juga bermain 42 menit Lillard mencetak 41 poin plus 7 rebound. Lillard memasukkan 12/25 tembakan (48 persen) dan sempurna (12/12) dari tembakan gratis. 

Jusuf Nurkic menambahkan dobel-dobel 20 poin plus 7 rebound serta satu foul krusial atas Ayton. Josh Hart membantu dengan pertahanan apiknya plus sumbangsih 10 poin dan 7 rebound.  

Secara keseluruhan tim, akurasi dan jumlah tembakan Blazers memang kalah dari Suns. Mereka juga cukup kesulitan menemukan akurasi tripoin di mana 5 dari 10 tripoin masuk mereka hanya datang dari Lillard seorang. Namun, buruknya pertahanan Suns membuat Blazers mendapatkan 36 tembakan gratis yang berujung pada 31 poin. 

Devin Booker kembali jadi pendulang poin utama Suns dengan 33 poin dan 5 rebound. Deandre Ayton juga kembali membantu Booker dengan 26 poin dan 6 rebound. Setelah "sunyi" di gim pertama, Chris Paul memberikan performa dobel-dobel 10 poin, 12 asis, dan 5 steal. Mikal Bridges melengkapi dengan 13 poin, 7 rebound, dan 6 asis. 

Kedua tim akan kembali bermain lusa. Keduanya pun sama-sama akan bertindak sebagai tim tamu di Crypto.com Arena. Blazers lebih dulu menghadapi Lakers di siang hari, sedangkan Suns jumpa Clippers malamnya. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar