IBL

Sesuai dengan prediksi, Rhyne Howard terpilih sebagai Rookie of the Year (ruki terbaik). Pemain Atlanta Dream itu meraih 53 dari total 56 suara dari panel media. Howard menjadi pilihan pertama WNBA Draft yang memenangkan penghargaan ruki terbaik sejak A’ja Wilson (Las Vegas Aces) pada 2018 lalu.

Pengumuman itu dirilis pada Kamis (25/8) waktu setempat. Howard mendapat trofi yang dirancang oleh perusahaan Tiffany & Co serta mendapat hadiah sebesar AS$5,150 atau senilai Rp76 juta.

Dalam musim pertamanya ini Howard tampil luar biasa. Dia mencetak rata-rata 16,2 poin, 4,5 rebound, 2,8 asis, dan 1,6 steal per gim. Rata-rata Howard tampil selama 31,3 menit dalam 34 gim. Dia juga menjadi ruki yang memiliki poin, asis, steal dan menit terbanyak tiap gim.

Lulusan University of Kentucky itu juga memiliki rekor tripoin terbanyak ketiga untuk seorang ruki. Dalam satu musim Howard sudah mencetak 85 tripoin. Musim ini Howard juga langsung terpilih dalam WNBA All-Star 2022.

Howard juga mencetak beberapa rekor untuk Dream. Dia menjadi ruki Dream yang mencetak poin terbanyak dengan 552 poin dan 154 rebound. Howard menjadi pemain Dream kedua yang memenangkan penghargaan ruki teratas setelah Angel McCoughtry, yang menjadi pilihan pertama WNBA Draft 2009 lalu.

Dalam pemilihan ruki terbaik tahun ini, Howard mengalahkan NaLyssa Smith. Pemain Indiana Fever itu menempati peringkat kedua. Kemudian Shakira Austin (Washington Mystics) di posisi ketiga. Mereka masuk dalam tim all-rookie bersama Rebekah Gardner (Chicago Sky) dan Queen Egbo (Indiana Fever).

Pada musim ini Dream tersingkir dari persaingan ke playoff. Menjadi musim keempat beruntun Dream tidak lolos ke playoff. Meski begitu Dream mengakhiri musim diperingkat ke-10 dengan rekor 14-22, satu tingkat lebih baik dari musim lalu. (rag)

Foto: WNBA

Komentar