IBL

Tim nasional (timnas) Indonesia membuka perjalanan di FIBA Asia Cup 2022 dengan kemenangan meyakinkan. Menghadapi Arab Saudi, Indonesia yang unggul sejak awal gim menang dengan skor akhir 80-54. 

Marques Bolden jadi faktor terbesar kemenangan Indonesia. Bermain 37 menit, Bolden tampil dominan utamanya di paint area dengan kemasan 32 poin, 16 rebound, dan 6 blok. Bolden memasukkan 14/19 tembakan (74 persen) dan sempurna dari tripoin serta tembakan gratis (keduanya 2/2). 

Bolden mencetak 24 dari keseluruhan poinnya di paint area. Jumlah tersebut lebih dari separuh total point in the paint Indonesia yang berada di angka 44 poin. Bolden juga mencetak delapan poin pertama Indonesia dan mengemas 19 poin di paruh pertama. 

"Hadirnya Bolden memang memberikan pengaruh besar untuk tim kami," cerita Arki Dikania Wisnu, kapten tim Indonesia. "Ia memudahkan segalanya dalam sistem kami dan ia menyatu dengan baik. Kami jelas adalah tim yang lebih baik dengan keberadaan Bolden," pungkasnya. 

Abraham Damar Grahita menyusul dengan 13 poin dan 4 rebound. Andakara Prastawa nyaris dobel-dobel dengan 10 poin, 9 rebound, dan 3 steal. Brandon Jawato melengkapi daftar dengan 10 poin. 

Meski menang, Indonesia masih memiliki catatan minor. Indonesia membuat 20 turnover di gim hari ini dan hanya memasukkan 5/20 tembakan (25 persen). Keunggulan terbesar Indonesia di gim ini adalah 27 poin. 

Dari Arab Saudi, hanya ada satu pemain yang mencetak dua digit poin. Mohammed Almarwani seorang diri dengan 15 poin dan 3 rebound. Arab Saudi memiliki catatan yang nyaris serupa dengan gim kualifikasi Piala Dunia sepekan lalu dengan 6/28 tripoin. 

"Kami kehilangan beberapa pemain seperti Khalid Abdel Gabar. Ia pemain krusial buat kami tapi ini yang harus kami hadapi. Kehadiran Bolden jelas membuat Indonesia jadi tim yang berbeda dan menyulitkan kami, utamanya di paint area," terang Mohamed Mounir, Kepala Pelatih Arab Saudi. 

"Kami coba melakukan zone defense untuk mengatasi ketangguhan Bolden. Namun, itu hanya bertahan beberapa menit saja karena pemain Indonesia lain berhasil menemukan sentuhannya dari luar garis tripoin," pungkasnya. 

Hasil ini membuat Indonesia dan Australia sama-sama meraih kemenangan di gim perdana mereka. Dua tim yang kalah adalah Yordania dan Arab Saudi. Lawan Indonesia selanjutnya adalah Yordania. (DRMK)

Foto: Dika Kawengian 

Komentar