IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta bersiap menuju playoff IBL yang akan berlangsung pada Agustus mendatang. Mereka kembali mendatangkan Koko Heru Setyo Nugroho sebagai asisten pelatih. Dia akan mendampingi Fictor G. Roring yang menjadi pelatih kepala.

Pada musim reguler IBL 2022 lalu, Koko menjadi pelatih kepala RANS PIK Basketball. Tetapi pada empat pertandingan terakhir musim reguler itu, dia tidak terlihat lagi mendampingi tim di lapangan. Saat memastikan satu tiket di playoff, RANS didampingi oleh asisten Bambang Asdianto Pribadi.

RANS saat itu hanya mengatakan bahwa Koko Heru mendapat instruksi khusus dari manajemen. Pada Rabu, 15 Juni lalu, dipastikan Koko Heru merapat ke Pelita Jaya sebagai asisten pelatih.

“Coach Koko bergabung di tim kepelatihan Pelita Jaya Bakrie Jakarta sebagai assistant coach mendampingi head coach Fictor Roring,” tulis Pelita Jaya dalam pernyataan resminya.

Selama menangani RANS sebelumnya, Koko Heru memang memiliki rekor kurang mentereng. Dia bergabung pada September 2021. Selama menangani RANS itu, Koko Heru mencatat rekor 11 kali menang dan 10 kalah.

Koko Heru memang bukan nama asing bagi Pelita Jaya. Dia pernah menjadi asisten pelatih pada 2008-2013.

Sebelumnya dia bergabung dengan CLS Knights. Awalnya sebagai asisten dari pelatih Wahyu Widayat Jati dan mereka mengantar CLS menjuarai IBL 2016. Musim berikutnya Koko Heru menjadi pelatih kepala dan menangani CLS di ASEAN Basketball League (ABL) 2017-2018.

Karena gagal membawa CLS juara, dia turun menjadi asisten pelatih bagi Brian Rowsom. Setahun kemudian mereka berhasil menjuarai ABL.

Playoff IBL 2022 nanti akan menarik bagi Koko Heru. Dia akan langsung bertemu mantan timnya. Pelita Jaya akan menghadapi RANS di babak playoff Agustus nanti. Membuat Koko Heru mencatat rekor menarik dengan melawan mantan timnya sendiri pada musim yang sama. (rag)

Foto: Hariyanto

Komentar