IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta masih mendominasi klasemen. Kemenangan 68-60 atas RANS PIK Basketball Club membuat Pelita Jaya lolos playoff dengan nyaman.

Secara statistik field goals, Pelita Jaya kalah dua persen dari RANS. Pelita Jaya melepas 65 tembakan dengan akurasi 35 persen. Sedangkan RANS melepas 69 tembakan dengan akurasi 37 persen. Selain itu, Pelita Jaya juga lebih banyak membuat turnover sebanyak 15 kali. RANS bermain lebih hati-hati dengan membuat 10 turnover.

RANS dua kali memimpin poin. Tetapi pada kuarter keempat mereka kehilangan momentum setelah tembakan tripoin dari Dior Lowhorn mengambil alih kedudukan. Lima poin terakhir Pelita Jaya disumbangkan M. Arighi.

Hal tersebut yang membuat Pelita Jaya memastikan keunggulan atas RANS. Mereka berhasil memaksimalkan peluang dari tembakan bebas. Dari 26 kali percobaan, 19 diantaranya berhasil dengan mulus.

Dior Lowhorn menjadi pencetak poin terbanyak dengan 17 angka. Arighi membukukan statistik lebih baik dengan 14 poin dengan presentase tembakan bebas mencapai 100 persen. Andakara Prastawa Dhyaksa menyumbang 13 poin.

“Tim kami masih belum terlalu solid. Ini menjadi PR kami untuk playoff nanti. Sisa musim reguler ini kami ingin jaga tren positif dan memberikan menit bermain lebih banyak kepada pemain. Selain itu juga jaga agar tidak ada yang sampai cedera,” ujar asisten pelatih Pelita Jaya Jap Ricky Lesmana.

Kekalahan ini membuat kesempatan RANS lolos playoff makin berat dengan memperebutkan dua slot sisa. Mereka menyisakan dua laga melawan Bali United Basketball dan Dewa United Surabaya. Performa RANS seimbang antara 10 kemenangan dan 10 kekalahan.

Hal Heyward tetap menjadi andalan RANS dengan raihan 14 poin dan lima steal. Akeem Scott mencetak 13 poin dan delapan rebound. Selanjutnya Bima Risky Ardiansyah menyumbang delapan poin.

“Kesempatan untuk RANS lolos playoff masih terbuka. Yang pasti bagaimana kami bisa berproses mengambil sisa kemenangan ini. Para pemain tampil lebih santai dan kami berharap bisa semaksimal mungkin mengambil kesempatan itu,” kata asisten pelatin RANS Bambang Asdianto Pribadi. (rag)

Foto : Ariya Kurniawan

Komentar