IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta melangkah ke semifinal Indonesian Basketball League (IBL) 2022. Mereka sukses mengalahkan RANS PIK Basketball 2-1. Dalam gim penentuan pada Selasa (16/8) itu, Pelita Jaya menang 93-86. Pada gim pertama (13/8) Pelita Jaya unggul 74-66. Lalu RANS menyamakan kedudukan 65-58 pada gim kedua (14/8) lalu.

Pertandingan ketiga berjalan panas. Sepanjang gim itu RANS sebenarnya lebih mendominasi. Mereka memimpin selama 25 menit dan sempat unggul 10 poin pada kuarter terakhir. Dalam gim tersebut terjadi 14 kali pergantian kedudukan dan tujuh kali skor imbang.

Momentum Pelita Jaya terjadi pada sisa 1:17 menit terakhir. Dalam sisa waktu itu Pelita Jaya menambah delapan poin melalui tembakan gratis. Hal itu pula yang membuat mereka bisa unggul. Pelita Jaya bisa memaksimalkan 26 dari 37 kesempatan tembakan gratis. Pelita Jaya memanfaatkan 18 turnovers RANS menjadi 16 poin.

“Ini gim win or cry untuk kami. Kami harus berjuang sampai akhir dan memenangkan pertandingan. Para pemain memberikan perjuangan yang luar biasa sampai gim selesai,” kata asisten pelatih Pelita Jaya Hermanto.

Hari ini memang menjadi momen spesial bagi Andakara Prastawa Dhyaksa. Dia genap berusia 30 tahun. Prastawa juga menjadi top skor gim dengan 27 poin selama 29 menit. Prastawa juga memberikan lima asis dan tiga steal dalam gim tersebut.

Dior Lowhorn dobel-dobel dengan 19 poin dan 13 rebound. Selain Prastawa, pemain lokal Pelita Jaya juga memberikan kontribusi besar. M. Arighi Hadran Noor mencetak 17 poin, empat rebound, dan tiga asis. Yesaya Saudale dengan 12 poin, tiga asis, dan tiga steal.

“RANS tampil luar biasa. Mereka seperti memberi pesan kepada kami untuk terus berlatih dan tidak gampang bertanding di playoff ini. Setiap playoff dalam tiap gim seperti do or die. Tidak lihat tim atas atau bawah,” lanjut Hermanto.

RANS sendiri sebenarnya unggul dari sisi field goals dengan perolehan 32 dari 73 tembakan. Mereka juga menang lima rebound lebih banyak dari Pelita Jaya. Untuk tripoin sendiri keduanya sama-sama mencetak 11 kali.

Dari 86 poin yang diperoleh RANS, 45 diantaranya dicetak dari bangku cadangan. Hanya satu pemain yang tidak menyumbang poin pada gim tersebut. RANS juga memperoleh 25 poin dari fast break.

Oki Wira Sanjaya memimpin RANS dengan 21 poin. Akeem Scott memberikan 12 poin, delapan rebound, delapan asis, dan dua steal. Althof Dwira Satrio menyumbang 14 poin dan dua steal. (rag)

Foto: IBL

Komentar