IBL

Tim nasional (timnas) Indonesia memulai rangkaian latih tanding mereka di Australia dengan kekalahan, Jumat 9 Juni 2022. Melawan Diamond Valley, Indonesia menyerah 108-80. 

Indonesia hanya sempat unggul 1 poin di awal laga. Jarak pun sebenarnya masih terjaga di kisaran 7—10 poin saja sampai awak kuarter tiga. Sayangnya, di lima menit terakhir kuarter tiga, Diamond Valley berhasil membangun momentum dan melaju (20-7) yang membuat jarak melebar dan tak terkejar lagi. 

Enam pemain Diamond Valley mencetak dua digit poin. Dejan Vasiljevic jadi top skor gim dengan performa luar biasa 41 poin, 6 rebound, dan 5 asis, serta tak membuat satupun turnover. 

Vasiljevic memasukkan 14/23 tembakan (61 persen), termasuk 8/13 tripoin (61 persen). Diamond Valley secara keseluruhan tim memasukkan 16/31 tripoin (52 persen). 

Tanpa Derrick Michael Xzavierro dan Marques Bolden di gim ini, Brandon Jawato jadi top skor Indonesia dengan dobel-dobel 22 poin dan 11 rebound. Juan Laurent Kokodiputra menyusul dengan 19 poin melalui akurasi sempurna (7/7) yang 5 diantaranya adalah tripoin.

Abraham Damar Grahita 16 poin, 4 rebound, dan 4 asis. Yudha Saputera 11 poin dan 4 asis, sementara Vincent Kosasih menutup daftar melalui 10 poin plus 5 asis. Indonesia total membuat 20 asis dari 27 tembakan masuk dan hanya membuat 9 turnover. 

Ali Bagir, Kelvin Sanjaya, dan Muhamad Arighi tampil hari ini. Ketiganya mengombinasikan 1/10 tembakan. Arighi tampil total 14 menit, Bagir 4 menit, dan Kelvin 9 menit. Aldy Izzatur jadi satu-satunya pemain yang tidak tampil di roster hari ini. 

Indonesia sedang melakoni tur latih tanding di Australia melawan tim NBL 1 (Divisi 2 tertinggi basket Australia). Esok, Indonesia akan kembali bermain melawan Wyndham Basketball. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar