IBL

Tim nasional (timnas) Indonesia sudah mengunci 14 nama untuk berangkat di Jendela II FIBA World Cup Qualifier 2023 Zona Asia Grup C. Nama-nama yang terpilih ini berasal dari 22 nama yang dipanggil ke pemusatan latiha per 10 Februari lalu.

Dari 14 nama tersebut, ada deretan debutan yang tidak tampil di Jendela I November lalu yakni Kaleb Ramot Gemilang, Agassi Goantara, Aldy Izzatur, Ali Bagir, Yudha Saputera, dan Muhamad Arighi. Di antara nama-nama ini pula, hanya Kaleb, Agassi, dan Arighi yang tercatat sudah membela timnas senior di gelaran internasional sejak 2020. Keduanya turun di FIBA Asia Cup 2022 Qualifier.

Dalam prosesnya, tidak semua nama yang dipanggil timnas ke pemusatan latihan bisa hadir. Indra Muhammad, Ikram Fadhil, Arki Dikania Wisnu, Hardianus Lakudu, dan Sandy Ibrahim tak merapat karena alasan cedera dan covid-19. Pemain muda, Kelvin Sanjaya, juga akhirnya tak menyelesaikan seleksi karena positif covid-19. Neo Putu Pande dan David Nuban jadi dua nama yang ikut seleksi dan tersingkir.

Indonesia akan terbang ke Arab Saudi pada Minggu, 20 Februari 2022. Timnas akan bermain empat hari kemudian menghadapi Arab Saudi. Selanjutnya, mereka akan bertolak ke Yordania untuk bermain pada tanggal 27.

Sayangnya, Indonesia dipastikan tanpa Kaleb Ramot Gemilang di gim lawan Arab Saudi. Kaleb yang dipanggil terakhir untuk seleksi, gagal mendapatkan visa ke Arab Saudi. Ia akan menyusul tim di Yordania. 

Sejauh ini, Indonesia sudah tampil dua kali dan keduanya berujung kekalahan. Lawan Indonesia di dua gim itu adalah Lebanon. (DRMK)

Berikut daftar 14 pemain timnas:

1. Abraham Grahita

2. Agassi Goantara

3. Aldy Izzatur

4. Ali Bagir

5. Andakara Prastawa

6. Brandon Jawato

7. Juan Laurent Kokodiputra

8. Kaleb Ramot Gemilang

9. Kevin Yonas Sitorus

10. Lester Prosper

11. Muhamad Arighi

12. Vincent Kosasih

13. Widyanta Putra Teja

14. Yudha Saputera

Foto: FIBA

Komentar