IBL

Indonesia tutup Jendela 2 FIBA World Cup 2023 Qualifier dengan kekalahan 94-64 atas Yordania, Senin dini hari, 28 Februari 2022. Masih memberikan perlawanan di lima menit pertama pertandingan, Indonesia mulai kehilangan ritme setelahnya. 

Membiarkan Yordania melaju (10-2) adalah awal petaka Indonesia. Indonesia masih dalam jarak yang masuk akal di jeda antarbabak. Namun, memasuki kuarter tiga, angka Indonesia sempat mandek di 32 selama lima menit. Dalam waktu yang sama, Yordania mencetak 21 poin. 

Freddy Ibrahim jadi penampil terbaik dengan dobel-dobel 17 poin, 7 rebound, dan 10 asis. Amin Abu Hawwas juga mencetak 17 poin yang ditambah dengan 6 rebound. Dar Tucker menyusul dengan 14 poin, 6 rebound, dan 5 asis, sedangkan Zaid Abbas 11 poin. 

Top skor gim ini adalah Abraham Damar Grahita dengan 24 poin. Abraham memasukkan 10/18 tembakan (55 persen). Abraham juga jadi pemain terlama di lapangan dengan 38 menit. 

Catatan 24 poin Abraham jadi yang tertinggi oleh pemain Indonesia dalam satu gim Kualifikasi Piala Dunia ini. Sebelumnya, rekor dipegang oleh Brandon Jawato dengan 20 poin.

Ini juga jadi gim ketiga dalam 10 gim terakhir di mana Abraham mencetak 22+ poin. Dua lainnya terjadi saaat Kualifikasi Piala Asia 2022. Abraham total mengoleksi rataan 15,9 poin di 10 gim tersebut.

Brandon Jawato jadi pemain lain yang menyentuh dua digit poin dengan 12 poin dan 5 rebound. Brandon Jawato dan Lester Prosper sama sekali tak tampil di kuarter akhir. Lester pun tampil berantakan dengan hanya 2 poin dan 1 rebound selama 18 menit.

Di kuarter empat pula, Indonesia memutuskan turun dengan skuat muda. Indonesia bahkan memberikan debut tim senior untuk Ali Bagir Alhadar setelah di gim sebelumnya Yudha Saputera dan Aldy Izzatur juga mendapatkan kesempatan debut.

Indonesia bahkan menutup gim dengan kombinasi Vincent Kosasih, Abraham, Yudha, Bagir, dan Muhamad Arighi. Ini adalah skuat dengan rataan usia termuda yang diturunkan Indonesia sepanjang dua turnamen kualifikasi terakhir (termasuk kualifikasi FIBA Asia Cup 2022).

Indonesia gagal meraih kemenangan di empat gim kualifikasi Grup C ini. Dengan sisa dua gim, Indonesia dipastikan tak akan lolos ke putaran kedua. Yordania, Lebanon, dan Arab Saudi akan bersaing untuk mencari posisi terbaik ke ronde kedua. Masing-masing tim sudah meraih setidaknya dua kemenangan.(DRMK)

Foto: FIBA 

Komentar