IBL

Los Angeles Sparks mengalami musim yang mengecewakan pada WNBA 2022. Saat ini mereka memiliki rekor 5-7. Hasil tersebut membuat Derek Fisher kehilangan posisinya sebagai pelatih sekaligus manajer umum.

Pada Selasa, 7 Juni waktu setempat, Sparks menyatakan bahwa mereka telah mengakhiri kerja sama dengan Fisher. Posisi pelatih untuk sementara akan diberikan kepada asisten pelatih Fred Williams.

“Setelah penilaian menyeluruh terhadap kondisi tim kami, Sparks dan manajer umum/pelatih kepala Derek Fisher telah sepakat untuk berpisah. Atas nama kepemilikan grup kami, saya ingin berterima kasih kepada Derek atas upaya dan kontribusinya kepada Sparks,” tulis managing partner Eric Holloman dalam pernyataan resminya.

“Saya memiliki kepercayaan penuh kepada Fred Williams untuk mengambil peran sebagai pelatih kepala sementara, membawa banyak pengalaman memimpin tim WNBA.”

Hal ini mengakhiri empat tahun masa jabatan Fisher. Peraih lima cincin juara NBA itu direkrut menjelang musim 2019. Fisher memberikan rekor 54-46 selama menangani Sparks. Sebelumnya Fisher sempat menangani New York Knicks pada 2014-2016.

Sparks berharap bisa bangkit dari keterpurukan musim lalu. Pada WNBA 2021 mereka gagal lolos ke playoff dengan rekor 12-20 dan menempati posisi ke-10 klasemen keseluruhan. Membuat mereka melewatkan babak playoff sejak musim 2011.

Lalu musim ini Sparks membawa peraih empat kali All-Star, Liz Cambage, dan Chennedy Carter yang menjadi pilihan keempat WNBA Draft 2020. Tapi sayangnya hal itu tidak cukup untuk membuat Sparks meramaikan persaingan papan atas.

Sebenarnya Sparks mengawali musim dengan cukup menjanjikan. Mereka meraih dia kemenangan. Tetapi langsung anjlok dengan lima kekalahan beruntun. Pada pertandingan terakhir melawan Phoenix Mercury pada Minggu, 5 Juni lalu, Sparks kalah 74-81. Berikutnya mereka harus melawan Las Vegas Aces yang sedang memuncak pada Sabtu, 11 Juni mendatang.

“Saya ingin berterima kasih kepada organisasi, kepemilikan, staf, pemain, dan penggemar atas kesempatan yang diberikan kepada saya selama empat tahun terakhir menjadi bagian sejarah dari waralaba ini. Fokus saya saat ini kembali mengejar peluang lain dan usaha pribadi,” ungkap Fisher. (rag)

Foto: WNBA

Komentar