IBL

Rhyne Howard membuktikan bahwa dia memang sangat layak menjadi pilihan pertama pada WNBA Draft 2022. Pada Rabu, 1 Juni, waktu setempat, WNBA menobatkan garda Atlanta Dream itu sebagai ruki terbaik bulan Mei.

Howard menjadi pemain pertama Dream yang meraih gelar tersebut sejak edisi 2017 lalu. Sebelumnya Brittney Sykes menjadi ruki terbaik pada bulan Juli dan Agustus 2017.

Howard mencetak rata-rata 16,9 poin per gim pada bulan pertamanya di liga profesional. Dia juga menjadi ruki dengan raihan steal tertinggi yaitu 1,5 steal per gim.

Lulusan University of Kentucky itu telah melampaui 100 poin dalam lima gim. Setelah pertandingan melawan Phoenix Mercury pada 29 Mei lalu, Howard telah mencapai 135 poin. Raihan itu membuatnya menjadi ruki keenam yang meraih poin terbanyak sepanjang sejarah liga.

Gelar ruki terbaik bulan ini datang tidak lama setelah Howard dinobatkan sebagai pemain terbaik wilayah Timur pekan ini pada 16 Mei lalu. Menjadi ruki pertama dalam sejarah WNBA yang meraih penghargaan di minggu pertama sejak era Tamika Catchings pada 2002 silam.

Pada minggu debutnya di WNBA, Howard mencetak rata-rata 20,8 poin, 4,5 rebound, dan 2,3 asis. Dia memimpin Dream merebut dalam empat pertandingan pertama dan memenangkan tiga gim.

Dalam debutnya di WNBA saat melawan Dallas Wings pada 8 Mei lalu, Howard langsung mencetak beberapa rekor. Dia menjadi pemain WNBA pertama yang mencatat empat blok di dalam garis tripoin dan pemain keempat yang mencetak 15 poin di gim pertamanya.

Baca juga : Rhyne Howard Debut dan Cetak Rekor, Atlanta Dream Benamkan Dallas Wings

Selain Howard, pelatih terbaik bulan ini jatuh kepada Becky Hammon. Pelatih Las Vegas Aces itu berhasil mengantar timnya menjadi pemimpin wilayah Barat sekaligus klasemen keseluruhan. Saat ini Aces memiliki rekor 9-1.

Hammon menyamai rekor Nicki Collens, yang menjadi pelatih terbaik bulan ini pada tahun pertamanya sebagai pelatih kepala. Sebagai catatan, Hammon menjadi pelatih yang mencapai penghargaan itu dalam bulan pertamanya membesut tim. Sebelum direkrut Aces pada Desember 2021, Hammon asisten pelatih Gregg Popovic di San Antonio Spurs pada peride 2014-2022. (rag)

Foto: WNBA dan NBA

Komentar