IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta masih belum tertandingi. Hingga pertandingan ke-21, mereka sudah mengoleksi 19 kemenangan dan baru dua kali kalah. Hal ini membuat Pelita Jaya menjadi tim yang paling minim kalah.

Pelita Jaya menang atas NSH Mountain Gold Timika 76-62. Ini menjadi kemenangan kelima secara beruntun bagi Pelita Jaya. Mereka menyisakan satu pertandingan musim reguler melawan Dewa United Surabaya pada Rabu (30/3)

NSH langsung mencuri keunggulan di kuarter pertama. Mereka sempat unggul tiga poin. Momentum Pelita Jaya terjadi di kuarter kedua. Tembakan Dior Lowhorn akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 23-23.

Setelah momen tersebut Pelita Jaya sempat dua kali menyamakan kedudukan. Akhirnya lay up Reggie Mononimbar menjadi titik balik Pelita Jaya. Mereka berhasil menjaga margin poin secara konsisten dengan meraih akurasi tembakan mencapai 47 persen. Meski Pelita Jaya juga sedikit ceroboh dengan mencetak turnover tujuh kali lebih banyak dari NSH.

Dior Lowhorn tetap menjadi senjata utama Pelita Jaya. Tampil selama 24 menit, Lowhorn mencetak double-double dengan 19 poin dan 16 reboun. Reggie Mononimbar menyumbangkan 14 poin. Dari bangku cadangan Fernando Mananngsang menunjukkan kemampuannya dengan mencetak 13 poin.

Asisten pelatih Pelita Jaya Hermanto mengatakan jarak babak playoff yang masih lima bulan lagi menjadi kesempatan baik bagi untuk berbenah. Playoff IBL 2022 akan digelar pada Agustus mendatang setelah FIBA Asia Cup 2023.

“Kami akan menyiapkan segala evaluasi dari babak reguler. Pertama memperbaiki dulu kemampuan pemain. PR kami banyak. Merapikan chemistry pemain, kualitas tembakan, turnover juga lumayan. Banyak perbaikan fundamental terutama,” ujarnya usai pertandingan.

Kekalahan ini membuat NSH gagal naik peringkat. Dari klasemen keseluruhan, NSH berada di peringkat keempat di bawah Pelita Jaya, Satria Muda Pertamina Jakarta, dan Prawira Bandung. NSH menyisakan satu pertandingan lagi melawan Prawira Bandung (30/3)

Shavar Newkirk mendominasi dan menjadi top skor dengan 25 poin. Nyaris mencetak double-double dengan sembilan rebound. Jan Misael Panagan meraih 10 poin. Selain Newkirk, masing-masing starting five NSH mencetak satu digit poin. Termasuk Ruslan dengan sembilan poin.

“Ini hasil yang agak mengecewakan. Kami sudah melakukan usaha yang besar. Pemain bermain bagus tetapi ada beberapa kesalahan yang membuat kami kehilangan kesempatan untuk menang. Meski begitu kami sudah memebuat mereka tidak menang dengan nyaman,” kata pelatih NSH Anthony Garbelotto. (rag)

Foto : Hariyanto

Komentar