IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta dominan dalam kemenangan 81-64 atas Dewa United Surabaya, Kamis 17 Maret 2022. Pelita Jaya unggul selepas lima menit pertama kuarter pembuka dan tak lagi terkejar. 

Dominasi mereka tak lepas dari efektivitas serangan, utamanya di area dua poin. Pelita Jaya melepaskan 52 tembakan di area dua poin dan memasukkan 27 diantaranya (51 persen). 

Dari 27 tembakan dua angka tersebut, hanya satu yang dilepaskan tidak di paint area. Artinya, Pelita Jaya membuat 52 poin in the paint (26 tembakan). 

Pelita Jaya juga hanya melepaskan 14 tripoin sepanjang gim dengan tidak satupun pemainnya melepaskan lebih dari empat percobaan tripoin. 

"Hari ini kami sangat bersyukur bisa meraih kemenangan dan tak ada yang cedera," tutur Hermanto, Asisten Pelatih Pelita Jaya. "Kami masih perlu perbaikan di akurasi tripoin. Hari ini akurasi kami cukup buruk. Apalagi dibandingkan dengan Dewa United yang luar biasa."

"Di catatan kami, Dewa United adalah tim yang sangat kuat di offensive rebound. Oleh karena itu, fokus kami adalah supaya tidak kalah banyak di situ. Kami ingin menjaga rebound sebaik mungkin," tutupnya.

Lima pemain Pelita Jaya mencetak dua digit angka tapi tidak ada yang lebih dari 11 poin. Andakara Prastawa dan Reggie Mononimbar masing-masing mencetak 11 poin. Prastawa menambahkan 3 asis sedangkan Reggie 4 asis. 

Dior Lowhorn menjaga tren dua digit angkanya di semua gim musim ini dengan 10 poin dan 9 rebound. Hardian Wicaksono dan Di'Mar Hill masing-masing membantu dengan 10 poin.

Dari Dewa United, hanya ada dua nama yang mencetak dua digit angka. Mereka adalah Xaverius Prawiro dengan 12 poin dan Kaleb Ramot Gemilang melalui 11 poin.

"Rencana kami di gim ini jelas tidak berjalan," buka Andika Saputra, Kepala Pelatih Dewa United. "Kami kecolongan banyak di transisi dari menyerang ke bertahan. Pertahanan kami lemah sekali hari ini."

"Berat sekali menghentikan Pelita Jaya di area paint. Saya sudah mencoba turun dengan tiga bigman, tetap hasilnya belum sesuai keinginan kami," pungkasnya. 

Pelita Jaya masih jadi satu-satunya tim yang baru kalah satu kali sejauh ini. Rekor mereka sekarang (12-1). Untuk Dewa United, ini jadi kekalahan keempat dari 14 gim. (DRMK)

Foto: Ariya Kurniawan 

Komentar