IBL

Tangerang Hawks Basketball Club dan DNA Bima Perkasa Jogja melalui pertandingan yang dramatis. Pemenang ditentukan dalam 18 detik akhir pertandingan. Hawks akhirnya unggul 67-62 atas Bima Perkasa.

Kedua tim sama-sama memiliki skor imbang pada kuarter pertama. Bima Perkasa lebih dulu memimpin pada paruh pertama dengan kedudukan 27-34. Hingga akhirnya dalam empat menit sisa pertandingan, Hawks menyamakan skor menjadi 50-50.

Momentum Hawks terjadi ketika 18 detik terakhir ketika Bima Perkasa melakukan unsportmanlike foul dan personal foul. Hawks memastikan kemenangan setelah enam tembakan bebas dieksekusi dengan baik

Banyaknya pemain Bima Perkasa yang cedera membuat tim tersebut kehilangan kendali. Total ada tiga pemain Bima Perkasa yang cedera dalam pertandingan tersebut. Mereka adalah Azzaryan Pradhitya, Samuel Devin, dan Ali Mustofa. Hanya Samuel Devin yang bisa kembali setelah Ali Mustofa ditandu keluar lapangan pada kuarter keempat.

Kondisi ini makin memberatkan Bima Perkasa. Apalagi sebelumnya dua punggawa asingnya, David Atkinson dan Jordan Jacks juga cedera.

“Dengan jadwal seperti ini membuat pemain rentan cedera apalagi dengan tensi pertandingan yang seperti tadi. Apa mau mau menunggu pemain kami tersisa enam ? Kami memaksimalkan apa yang ada saja. Kalau ada yang cedera lagi, entah sampai tersisa 3-4 pemain, apa tetap boleh bermain apa tidak,” ujar pelatih Bima Perkasa Kartika Siti Aminah.

Praktis Bima Perkasa hanya mengandalkan pemain lokal dan pemain muda. Ikram Fadhil memimpin dengan 15 poin dan  enam rebund. Samuel Devin dan Restu Dwi Purnomo masing-masing mencetak 10 poin.

Sementara itu Hawks tetap mengandalkan Richard Ross Jr. dengan 22 poin. Tampils elama 34 menit, Rizky Effendy menyumbang 12 poin dan empat rebound. Danny Ray da Tevanti Crump kompak mencetak 10 poin. Hawks juga memaksimalkan poin dari tembakan bebas mencapai 82 persen dan 23 kali kesempatan.

“Motivasi pertama kami ingin mengambil pertandingan ini setalah sebelumnya kalah. Saat skor rapat, ada motivasi lebih dan komunikasi kami yang lebih bagus saat akhir,” ungkap asisten pelatih Hawks Tri Haryanto usai pertandingan. (rag)

Foto : Hariyanto

Komentar