IBL

Dua tim debutan, Tangerang Hawks dan Evos Thunder Bogor saling berjumpa di hari ketiga IBL 2022 seri Jakarta. Gim pembuka pada Senin, 17 Januari 2022, di Hall Basket Senayan itu dimenangi oleh Tangerang Hawks yang sukses menundukkan Evos Thunder Bogor dengan skor 53-50.

Pertandingan berjalan dengan tempo cepat. Kedua tim, saling berbalas serangan. Seakan ingin menunjukkan kualitas sebuah klub baru di IBL musim ini. Tangerang Hawks sempat mencuri dua poin melalui Richard David Ross Jr. untuk membawa timnya unggul 2-0. Namun, itu tidak bertahan lama.

Pemain Evos Thunder, langsung cepat merespon. Dengan torehan enam poin sekaligus. Melalui tembakan tripoin Adrian Danny Christianto ditambah dua poin plus satu tembakan gratis yang dibukukan Padre Taranngiar Hosbach, untuk mengembalikan kedudukan menjadi 6-2, kini Evos Thunder memimpin.

Terus berlangsung sengit, margin kedua tim tidak pernah lebih dua angka. Viocky Rachmalo, garda Tangerang Hakws sukses mencetak dua poin jelang kuarter pertama usai untuk mengubah keadaan jadi 19-17 bagi Tangerang Hawks. Namun, Evos Thunder sukses membalas, melalui Karamoko Sokroka Cisse, demi menyalamtkan timnya dari kekalahan. Skor 19-19 mewarnai kuarter pertama.

Perolehan poin Tangerang Hakws sendiri didominasi oleh pemain asing mereka, Richard Ross. Forwarda berusia 29 tahun itu menyumbang 15 poin ditambah 8 rebound bagi Tangerang Hawks. Menysul Hawks ada Rizky Effendi yang menyumbang 12 poin serta 5 rebound. Di lain sisi, dua penggawa Evos Thunder jadi penyumbang poin terbanyak bagi timnya.

Adalah Danny Christianto dan Karamoko Cisse pemain paling produktif untuk Evos Thunder. Keduanya masing-masing mencetak 12 poin dan 13 poin bagi Evos. Tim asal Kota Bogor itu sebenarnya memberikan kejutan buat Tangerang Hawks di dua kuarter terakhir. Sempat tertinggal sembilan poin, Evos bangkit memangkas ketertinggalan menjadi empat poin.

Di empat menit tersisa kuarter ketiga, Evos sukses melesatkan 10 poin secara beruntun. Sayangnya, momentum bagi Evos terhenti, ketika Keefe Fitrano Yoshe mencetak dua poin melalui tembakan bebas untuk mengunci kemenangan Tangerang Hawks 41-36 di kuarter ketiga. Beranjak kuarter keempat, tidak banyak poin tercipta dari kedua tim.

Padre Hosbach, sempat menyamakan kedudukan bagi Evos Thunder lewat dua tembakan gratis, untuk ubah keadaan jadi (41-41). Momentum kebangkitan Evos kembali tercipta ketika laga hanya tersisa empat detik lagi. Daniel Wenas menyarangkan tiga poin untuk mengubah skor jadi (50-51), Evos masih tertinggal.

Upaya Evos untuk mengembalikan kedudukan pun urung terjadi. Rizky Effendy jadi penyelamat bagi Tangerang Hawks menambah dua poin melalui tembakan gratis, mengunci kemenangan jadi 53-50.

“Tidak mudah untuk memulai gim di awal series dan awal season. Hari ini kami kurang enjoy,” ucap Andre Yuwadi, pelatih Evos usai laga. “Kami terlambat untuk dapat momentum, gim per gim akan kami evaluasi,” tambah Daniel Wenas.

“Saya puas dengan semua pemain, sistem jalan dengan baik. Tapi, konsistensi tim belum terlihat dengan baik,” pungkas Efri Meldi, pelatih Tangerang Hawks. (hth)

Foto: Hariyanto

Komentar