IBL

Rotasi yang dilakukan Satria Muda Pertamina Jakarta pada paruh kedua pertandingan nyaris membuat mereka kalah. Pada kuarter ketiga Satria Muda hanya bisa mencetak sembilan poin.

Untungnya pelatih Youbel Sondakh segera mengembalikan komposisi pemain. Satria Muda akhirnya meraih kemenangan kesebelas mereka setelah mengalahkan Bumi Borneo Basketball Pontianak 73-64. Kini Satria Muda makin kokoh di puncak klasemen sementara Divisi Merah.

Satria Muda cukup produktif pada paruh pertama pertandingan. Mereka mencetak 21 poin per kuarter. Mereka berhasil menjaga jarak hingga 20 poin dari Bumi Borneo.

“Saya mencoba line up yang berbeda dan ternyata tidak bisa dilakukan. Jadi, agak kaget. Ini jadi evaluasi untuk tidak memakai materi pemain seperti itu. Rotasi tersebut memang membongkar secara keseluruhan sih,” ungkap pelatih Satria Muda Youbel Sondakh.

Hanya dua pemain Satria Muda yang mencetak dua digit poin. Elijah Fostes mencetak double-double dengan 20 poin dan 10 rebound. Dari bangku cadangan M. Rizal Falconi menyusul dengan 14 poin. Juan Laurent Kokodiputra menambah delapan poin.

Sementara itu Bumi Berneo memberikan perlawanan melalui Randy Bell dengan 17 poin. Julius Caesar Wongso mencetak 11 poin. Budidharma Saputra menyumbangkan sembilan poin selama hampir 25 menit bertanding.

Rotasi Satria Muda manjadi momentum yang bagus untuk Bumi Borneo. Sayangnya, mereka kalah endurance. Permainan mereka menurun jauh dan hanya mencetak 13 poin di kuarter keempat.

“Kami tetap menggunakan ritme cepat kami. Di paruh pertama berhasil dengan baik karena diimbangi dengan akurasi yang baik. Tetapi karena kalah endurance dan size makanya jadi terlihat terburu-buru,” kata asisten pelatih Bumi Borneo Rimbun Sidahuruk.

Ini menjadi kekalahan pertama Bumi Borneo dalam empat laga terakhir. Mereka menempati posisi keempat Divisi Merah dengan total enam kemenangan dari 15 laga serta mengoleksi 21 poin.

“Dari manajemen memang realistis karena kami banyak mengambil pemain lokal dari Kalimantan. Tetapi dari para pemain, kami ingin lolos ke playoff. Kami akan upayakan yang terbaik dan benahi kekuarangan agar tidak terulang lagi,” imbuhnya. (rag)

Foto : Hariyanto

Komentar