IBL

Jajaran manajemen Cleveland Cavaliers tampak sangat bahagia dengan pencapaian tim mereka musim ini. Hal ini terbukti usai kesepakatan perpanjangan kontrak untuk kepala pelatih mereka J.B. Bickerstaff. Tak berhenti di situ, baru saja manajemen Cavaliers menemukan kata sepakat untuk kerja sama lebih panjang lagi dengan Manajer Umum, Koby Altman. Kabar ini disampaikan oleh ESPN.

Altman akan bertahan di Cavaliers sampai musim 2027-2028. Tak sekadar memperpanjang masa bakti, Cavaliers juga memberikan jabatan baru untuk Altman yakni sebagai Presiden Operasional Cavaliers yang memang selama ini kosong jabatannya.

Altman sudah mengabdi di Cavaliers sejak 2012 dan menjalankan peran sebagai manajer umum sejak 2017. Ia adalah kunci dari pembentukan skuat super Cavaliers di musim terakhir LeBron James bersama mereka. Dwyane Wade, Isaiah Thomas, Jae Crowder, hingga Derrick Rose merapat kala itu. Sayangnya, skuat ini tak sesuai harapan dan dirombak di tengah musim.

Perombakan tengah musim ini sebenarnya cukup berhasil karena Cavaliers berhasil kembali ke final. Sayangnya, di akhir musim, usai kalah lagi atas Golden State Warriors di final, LeBron memutuskan hengkang ke Los Angeles Lakers.

Pascakepergian LeBron ini, barulah insting mencari bakat Altman diuji. Memang, dalam tiga musim setelah kepergian LeBron, Cavaliers tak pernah finis lebih baik dari peringkat 13 Wilayah Timur, namun musim ini mereka akhirnya memetik apa yang mereka tanam.

Pemain-pemain seperti Collin Sexton, Darius Garland, dan Evan Mobley adalah pemain pilihan Altman. Ia juga lantas berhasil mendapatkan Jarrett Allen dengan sistem pertukaran dan merekrut Ricky Rubio serta Lauri Markkanen di awal musim ini. Cavaliers kini duduk di peringkat enam klasemen sementara Wilayah Timur dengan rekor (23-18).

Pencapaian apik Altman dan Cavaliers sejauh ini membuatnya menjadi salah satu kandidat terdepan untuk meraih gelar eksekutif terbaik musim ini. Persaingan untuk gelar ini cukup berat karena ada Arturas Karnisovas dari Chicago Bulls dan Zach Kleiman dari Memphis Grizzlies. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar