IBL

Lawan-lawan tim nasional (timnas) putri Indonesia di FIBA Women's Asia Cup 2021 akhirnya terjawab. Bertarung di Divisi B, timnas putri akan bertarung dengan lima negara lain, Lebanon, Iran, Kazakhstan, Suriah, dan Yordania. Seluruh gim akan digelar di Amman, Yordania, 7-13 November.

Enam tim ini sendiri akan dibagi menjadi dua grup. Indonesia tergabung di Grup B bersama Kazakhstan dan tuan rumah, Yordania. Indonesia akan menghadapi Kazakhstan pada 7 November 2021 dan Yordania satu hari setelahnya.

Nantinya, masing-masing pemuncak grup akan mendapatkan keistimewaan untuk langsung lolos ke semifinal. Sedangkan empat tim lainnya akan beradu secara silang grup untuk mengisi dua slot sisa semifinal. Peringkat 2 Grup A akan melawan peringkat 3 Grup B dan begitu pula sebaliknya. Tim yang kalah dari dua gim di atas akan kembali bertemu untuk memastikan peringkat terakhir keduanya. 

Indonesia sendiri kini ada di peringkat 74 dunia dan 12 Asia. Kazakhstan yang bergabung satu grup ada di peringkat 59 dunia atau 9 Asia. Sedang Yordania ada di bawah kita, peringkat 123 dunia dan 22 (terakhir) di zona Asia.

Indonesia sendiri pernah bertemu dengan Kazakhstan di Asian Games 2018 Jakarta. Kala itu, Indonesia kalah 93-65 di laga perebutan peringkat. Kazakhstan pun akhirnya finis di peringkat lima usia mengalahkan Thailand di babak selanjutnya. Indonesia sendiri finis di peringkat tujuh usai mengalahkan Mongolia di gim terakhir.

Di gim lawan Kazakhstan lalu, Indonesia lemah di area kunci (paint area). Indonesia membiarkan Kazakhstan mencetak 48 poin di area tersebut. 

Timnas Indonesia sendiri sampai sekarang masih melakukan seleksi di Surabaya. Skuat yang akan berangkat ke Yordania akan diumumkan dalam waktu dekat. (DRMK)

Foto: Yoga Prakasita

Komentar