IBL

FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Window 3 sudah diputar. Dengan bergulirnya fase ketiga dari babak kualifikasi ini, maka beberapa negara sudah bisa mengamankan tiket ke babak 16 besar. Fase puncak tersebut akan berlangsung di Jakarta, bulan Agustus nanti. Sejauh ini ada tujuh negara yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar.

1. Indonesia

Indonesia lolos ke babak 16 besar sebagai tuan rumah. Meski dari posisi di Grup A, Indonesia ada di peringkat ketiga di bawah Filipina dan Korea. Indonesia menang sekali dari tiga pertandingan. Lalu di jendela ketiga yang akan berlangsung 16-20 Juni di Filipina, Indonesia bakal bertanding tiga kali. Meski tidak menentukan peringkat, namun Timnas Indonesia bertekad untuk membuktikan diri bahwa mereka layak masuk 16 besar.

2. Lebanon

Lebanon menyelesaikan babak kualifikasi di Grup D dengan hasil sempurna. Mereka menang enam kali tanpa kalah. Tim ini digawangi oleh Elie Chamanoun yang mencetak 26,0 poin per gim dan baru muncul dalam satu jendela kualifikasi saja. Lebanon selalu berganti-ganti pemain di setiap jendela kualifikasi. Namun strategi ini tidak berpengaruh pada permainan mereka.

3. Bahrain

Bahrain juga lolos ke babak 16 besar dari Grup D. Mereka ada di bawah Lebanon dengan catatan 4 kali menang dan 2 kali kalah. Bahrain terkenal dengan pemain-pemain tinggi yang bagus. Salah satu dari mereka adalah Chester Jarell Giles. Pemain yang pernah tampil di Indonesian Basketball League bersama Pelita Jaya Jakarta. Dalam enam pertandingan kualifikasi, CJ Giles mencetak 11,8 poin dan 10,7 rebound per gim.

4. Iran

Grup E sudah menyelesaikan seluruh rangkaian kualifikasi FIBA Asia Cup 2021. Iran menjadi pemimpin klasemen dengan rekor 5-1. Satu-satunya tim di Grup E yang mengalahkan Iran adalah Suriah. Iran sendiri masih mengandalkan pemain senior Hamed Haddadi yang mampu mencetak 13,5 poin, 11,0 rebound, dan 7,0 asis per gim dalam dua pertandingan. Sementara itu bintang utama Iran saat ini adalah Muhammad Jamshidijafarabadi. Pemain 29 tahun itu mencetak 14,2 poin per gim dalam enam pertandingan kualifikasi.

5. Suriah

Suriah atau Syria menjadi tim kedua dari Grup E yang lolos ke babak 16 besar. Suriah menyelesaikan kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 dengan catatan 3 kali menang dan 3 kali kalah. Sebenarnya poin mereka sama dengan Arab Saudi. Suriah dan Arab Saudi juga saling mengalahkan dalam dua pertemuan. Tapi setelah poin pertandingan mereka dijumlahkan, Suriah unggul tipis dari Arab Saudi. Suriah awalnya mengandalkan Tofek Saleh, Rami Merjaneh, dan Jamil Saddir. Tapi di jendela ketiga, muncul beberapa pemain baru, salah satunya Douglas Herring. Pemain naturalisasi Suriah yang pernah membawa CLS Knights Indonesia menjadi juara ASEAN Basketball League 2018-2019. Dalam dua pertandingan, Doug Herring mencetak 19,0 poin, 7,0 rebound, dan 7,0 asis per gim.

6. Yordania

Yordania memang belum menyelesaikan semua pertandingan di babak kualifikasi. Masih ada satu pertandingan lagi yang tersisa. Tetapi mereka sudah jadi pemimpin klasemen Grup F dengan lima kali menang berturut-turut. Sejak awal komposisi tim Yordania bisa dibilang konsisten. Ada tujuh pemain yang selalu ikut babak kualifikasi. Freddy Ibrahim memimpin catatan rata-rata pemain Yordania dengan 16,8 poin dan 5,4 asis dalam lima gim. Sementara itu, muncul nama baru di Yordania yaitu Ahmad Al Dwairi. Dia baru bermain dua pertandingan tapi sudah mencetak rata-rata 23,0 poin dan 10,0 rebound per gim.

7. Kazakstan

Untuk saat ini, Kazakstan jadi tim ketujuh yang lolos ke babak 16 besar FIBA Asia Cup 2021. Kazakstan jadi runner-up Grup F dengan rekor 4-2. Kazakstan punya Antonius Clemons yang mencetak 15,4 poin dan 4,8 asis per pertandingan. Kemudian, ada enam pemain yang menjadi tim inti dari timnas Kazakstan. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar