IBL

FIBA Asia Cup 2022 kini berjarak hanya berjarak sekitar lima bulan. Dua hari lagi, Jumat, 18 februari 2022, pengundian grup untuk babak utama akan digelar. Melalui rilis resmi di laman mereka, FIBA memberikan prosedur dan informasi-informasi yang harus diketahui dalam gelaran pengundian ini.

FIBA Asia Cup 2022 sendiri akan diikuti 16 negara. Seluruh 16 negara yang akan berlaga sudah ditemukan. Nantinya, 16 tim ini akan terbagi dalam empat grup. Di prosedur pengundian, akan ada empat pot yang berisi masing-masing empat tim. Penggolongan pot tim berdasarkan pada peringkat negara di rangking FIBA. Rangking FIBA yang digunakan adalah rangking per 7 Desember 2021. Berikut daftar tim dan pot mereka.

Pot A: Australia, Iran, Selandia Baru, Cina

Pot B: Korea, Filipina, Jepang, Yordania

Pot C: Lebanon, Cina Taipei, Kazakhstan, Arab Saudi

Pot D: Indonesia (tuan rumah), Suriah, India, Bahrain

Sebagai tuan rumah, Indonesia mendapatkan keistimewaan untuk menentukan di grup apa nantinya mereka berlaga. Jadi, nantinya setiap pot akan dipilih lebih dulu untuk menentukan grupnya. Pot A diambil namanya sekaligus mengambil nomor untuk menentukan grup mereka. Kemudian cara serupa dilakukan di Pot B dan C.

Sampai nantinya tiba saat pot terakhir, Pot D, Indonesia berhak menentukan di grup mana mereka akan bersaing. Jadi, ya, Indonesia bisa mencari lawan yang mereka anggap lebih mudah. Untuk tiga negara lain di Pot D, proses akan kembali seperti semula, pengundian secara acak. Pengundian grup akan berakhir begitu semua nama telah mendapatkan grup masing-masing.

Nantinya, semua proses pengundian ini akan disiarkan secara langsung di akun YouTube resmi FIBA, laman Facebook FIBA Asia Cup Official, dan akun resmi FIBA di Weibo. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar