IBL

Rumor kepindahan Ben Simmons ke Sacramento Kings berakhir. Ini setelah Kings dikabarkan tidak tertarik, dan memilih untuk memaksimalkan roster yang ada sekarang. Ada indikasi bahwa pembicaraan manajemen Kings dengan Philadelphia 76ers tidak menemui kata sepakat.

Menurut Sam Amick dari The Athletic, Kings awalnya tertarik merekrut Ben Simmons. Kabar tersebut muncul di awal bulan September 2021. Kings rela melepaskan Buddy Hield dan Marvin Bagley III, serta beberapa tiket draft untuk mendapatkan Simmons. Ternyata tawaran tersebut tidak menarik bagi Daryl Morey selaku presiden operasi bola basket Sixers.

Morey saat itu masih yakin kalau dirinya bisa menukar Ben Simmons dengan Damian Lillard milik Portland Trail Blazers, atau Kyrie Irving milik Brooklyn Nets. Padahal menurut pengamat NBA, pertukaran dengan dua pemain tersebut mustahil dilakukan. Akhirnya, Morey kembali berkomunikasi dengan Kings. Dia meminta De'Aaron Fox dan Tyrese Haliburton. Karena melibatkan dua pemain andalannya, manajemen Kings akhirnya mengeluarkan pernyataan bahwa mereka tidak lagi menjalin kerjasama dengan Sixers.

Mengutip laporan Sam Amick, Simmons memang pemain bagus, tapi tak pernah terbersit dalam benak manajemen Kings untuk melepaskan Fox dan Haliburton. Meskipun Kings mengakhiri musim lalu dengan rekor pertandingan 31-41 dan belum pernah sampai di babak playoff sejak musim 2005-2006. Kings yakin di musim 2021-2022 mereka punya amunisi yang lebih baik.

Tyrese Haliburton dan De'Aaron Fox. (Sumber foto: Sactown Royalty)

Di atas kertas, Kings tampak meyakinkan. Tim inti terdiri dari Fox, Haliburton, Hield, Bagley dan Richaun Holmes. Kemudian, mereka punya Harrison Barnes dan Tristan Thompson di bangku cadanga. Karenanya, tidak heran kalau Kings dengan tegas mengumumkan bahwa mereka tidak tertarik lagi dengan Ben Simmons. David Aldridge jurnalis The Athletic menyebut bahwa Simmons sangat cocok kalau bergabung dengan Kings. Karena tim ini berisi bintang-bintang muda NBA, meski bukan tim yang populer di liga.

"Dia (Ben Simmons) tidak akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi bila bergabung dengan Sacramento. Seharusnya Kings jadi tujuan terbaik bagi Simmons, bila keinginannya meninggalkan Sixers begitu kuat," kata Aldridge.

Aldridge menambahkan, agar skenario pertukaran ini bisa diwujudkan, maka Sixers harus meminta paket yang lebih masuk akal. Misalnya Haliburton dan Barnes, atau Buddy Hield. Karena jelas Fox tidak bakal dilepas oleh Kings. Saat ini keputusan ada di tangan Daryl Morey. Pengamat NBA menyarankan agar dirinya lebih realistis.

Simmons yang berusia 25 tahun adalah pemain yang sudah tiga kali All-star dan runner-up Defensive Player of the Year musim lalu. Dia juga memiliki rata-rata 15,9 poin, 8,1 rebound, 7,7 assist dan 1,7 steal per pertandingan sepanjang karirnya. Kekurangan Simmons hanya dari sisi akurasi tembakan. (tor)

Foto: Indiatimes

Ā 

Komentar