IBL

Ben Simmons kemarin menyatakan ogah bermain di Philadelphia 76ers lagi. Dia ingin segera pergi dari Sixers. Namun sampai sekarang belum ada tim yang dikabarkan setuju dengan penawaran yang diajukan. Desas-desus kembali menghangat dalam dua hari terakhir, termasuk munculnya lima tim yang berniat membawa pemain asal Australia tersebut.

Dikutip dari artikel yang terbit di Philadelphia Inquirer, seorang eksekutif tim Wilayah Barat menyebut kalau Simmons enggan bermain dengan Sixers. Kabarnya, dia tertarik merapat ke tim yang bermarkas di California. Kalau dilihat dari letak geografis, maka tim-tim tersebut adalah Los Angeles Lakers, LA Clippers, Golden State Warriors dan Sacramento Kings.

Tapi yang jelas sampai saat ini Daryl Morey selaku manajer Sixers jadi orang yang paling disoroti media. Karena media ingin tahu apa yang sebenarnya diinginkan, hingga menolak beberapa penawaran untuk menukar Ben Simmons. Sebaliknya, ada pula tim yang menolak untuk melakukan transaksi karena permintaan Morey tidak masuk akal.

Ada lima tim yang dikaitkan dengan transaksi Ben Simmons dalam dua hari terakhir. Pertama tentunya Golden State Warriors. Menurut situs Sky Sports, penawaran yang diajukan Sixers terlalu tinggi. Awalnya Sixers meminta Draymond Green. Jelas itu tidak mungkin, karena Green sudah jadi tim inti Warriors.

Setelah gagal mendapatkan Green, manajemen Sixers meminta Warriors menyerahkan James Wiseman, Jonathan Kuminga, Moses Moody, ditambah dengan Andrew Wiggins, serta pilihan pertama dalam Draft. Lagi-lagi kesepakatan yang tampaknya sulit diterima oleh Warriors. Apalagi, mereka harus kehilangan begitu banyak aset hanya untuk mendapatkan seorang Ben Simmons saja.

Bila Warriors tidak lagi berminat mengejar Simmons, maka Minnesota Timberwolves justru berpikir sebaliknya. Mereka malah dinilai paling aktif dalam negosiasi dengan Sixers. Timberwolves rela menyerahkan D'Angelo Russell, untuk mendapatkan Simmons. Namun sampai sekarang belum ada titik temu antara kedua belah pihak.

Desas-desus tentang Ben Simmons menyeret Sacramento Kings. Mereka percaya Simmons bisa menaikkan level permainan Kings di masa depan. Setidaknya mengejar kekuatan sesama tim California, yaitu Lakers, Clippers, dan Warriors. Tapi kali ini, Daryl Morey tampaknya kurang tertarik dengan tawaran Kings. Padahal ada nama Buddy Hield, Tyrese Haliburton, dan Marvin Bagley III yang dimasukkan dalam penawaran pertukaran pemain. Ternyata itu bukan paket pertukaran yang diinginkan Morey.

Rumor selanjutnya datang dari San Antonio Spurs. Setelah kehilangan DeMar DeRozan, Simmons dianggap mampu menambal kekurangan di sisi garda utama. Simmons sangat cocok bila dipasangkan dengan Dejounte Murray, serta pemain-pemain muda lain di Spurs. Namun kesepakatan itu tampaknya sulit untuk diwujudkan, mengingat Spurs tidak punya aset yang setara dengan harga Ben Simmons.

Sama halnya dengan Spurs, Toronto Raptors juga sedang mencari sosok garda baru. Raptors ditinggalkan Kyle Lowry. Mereka butuh pemain yang bisa mendukung penampilan Fred VanVleet. Raptors sendiri punya masalah dengan Pascal Siakam. Hubungan manajemen dan Siakam sedang memanas. Jadi kemungkinan yang terjadi adalah Siakam ditukar dengan Simmons.

Kejutan bisa saja terjadi dalam beberapa hari terakhir. Terutama tentang nasib Ben Simmons dengan Sixers. Pemain tersebut sudah menyatakan tidak akan bergabung dengan kamp pelatihan Sixers. (tor)

Foto: Sky Sports

Komentar