IBL

Jonathan Kuminga adalah salah satu ruki yang paling diantisipasi kehadirannya di NBA musim ini. Sebagai pilihan ketujuh, Kuminga sudah sedikit menunjukkan paket ketangkasan yang ia punya di NBA Summer League lalu. Banyak beroperasi di area sayap, Kuminga tampak mampu menjadi pembawa bola utama dan menyerang ke area kunci. Sedikit kekurangan Kuminga adalah tembakan jarak jauh yang belum konsisten.

Melihat performa tersebut, publik pun tampak cukup penasaran menanti peran apa yang akan diberikan Steve Kerr untuk Kuminga. Satu yang jelas, ia akan memulai gim dari bangku cadangan. Namun, kehadiran Andre Iguodala yang kembali plus Otto Porter Jr. tentu membuat posisi sayap akan penuh dengan persaingan.

Menanggapi hal ini, Kerr ternyata sudah punya gambaran mengenai hal tersebut. Kepada ClutchPoints, Kerr akan mencoba Kumiga bermain lebih fokus pada pertahanan. “Saya akan memainkannya di posisi empat. Saya rasa, itu adalah cara termudah untuknya memberi dampak di permainan kami. Saya berupaya membatasinya untuk berperan dalam mengambil keputusan saat menyerang.”

Kerr mengakui bahwa Kuminga memiliki berkat fisik yang mumpuni untuk membuatnya menjadi pemain bertahan yang apaik. Akan tetapi, ia masih butuh banyak usaha untuk mencapai level tersebut. Begitu pula saat menyerang, meski sudah terlihat cukup mumpuni dalam menyerang, Kuminga masih jauh dari memuaskan untuk Kerr.

“Kita baru mulai latihan selama dua hari ini, masih ada jalan panjang untuk Kuminga menjadi pemain yang jauh lebih baik. Tidak banyak pemain yang sudah memberikan dampak pada tim mereka di usia 19 tahun. Tidak semua orang adalah Magic Johnson dan LeBron James. Jadi, semua ini butuh banyak waktu dan proses pembelajaran,” tutupnya.

Meski Kerr berusaha tak meninggikan pemainnya, apa yang sudah ditampilkan Kuminga sejauh ini membuatnya menjadi salah satu ruki yang menarik untuk dilihat aksinya. Dengan komposisi skuat Warriors yang penuh dengan penembak jarak jauh, Kuminga rasanya bisa memainkan peran serupa dengan peran yang dimainkan Iguodala di tiga gelar juara Warriors. Jika ia belajar dengan giat dan tepat, menjadi pemain komplet bukan hal yang tidak mungkin untuknya. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar