IBL

Golden State Warriors adalah juara NBA 2022. Kepastian ini mereka dapatkan usai memenangi Gim 6 dengan skor 103-90, Kamis, 16 Juni 2022, waktu setempat. 

Sempat tertinggal 12 poin di awal laga, Warriors mengamuk dan membalik keadaan melalui laju (21-0). Warriors menutup paruh pertama dengan posisi unggul 15 poin. Di kuarter tiga, Warriors sempat membuka jarak sampai 22 poin. Celtics coba menipiskan jarak namun mereka tak pernah benar-benar mendekati Warriors sampai akhir laga. 

Hal ini tak lepas dari pertahanan Warriors yang solid. Warriors memaksa Celtics membuat 22 turnover yang berhasil mereka konversi menjadi 20 poin. Hal ini cukup untuk membuat Celtics terus-menerus gagal mendekati poin Warriors. 

Stephen Curry yang di Gim 5 tidak memasukkan satupun tripoin hari ini membara dengan 34 poin, 7 rebound, dan 7 asis. Curry memasukkan 12/21 tembakan (57 persen), termasuk 6/11 tripoin (54 persen). 

Andrew Wiggins konsisten dengan 18 poin, 6 rebound, 5 asis, 4 steal, dan 3 blok. Draymond Green memilih waktu terbaik untuk tampil solid dengan dobel-dobel 12 poin, 12 rebound, 8 asis, 2 steal, dan 2 blok.

Klay Thompson juga menambahkan 12 poin, sementara Jordan Poole melengkapi daftar dengan 15 poin dari bangku cadangan. Warriors hari ini hanya mendapatkan delapan tembakan gratis dan memasukkan seluruhnya. Ini adalah jumlah tembakan gratis terendah dalam sebuah kemenangan di final. 

Dari Celtics, perlawanan terbesar diberikan oleh Jaylen Brown yang menyumbang 34 poin dan 7 rebound. Al Horford membantu dengan dobel-dobel 19 poin plus 14 rebound. Jayson Tatum kembali menemukan kesulitan dengan hanya 13 poin plus 7 asis. Robert Williams III menutup daftar dengan 10 poin dan 7 rebound. 

Ini adalah gelar juara keempat Warriors sejak 2015 yang seluruhnya melibatkan Steve Kerr, Curry, Klay, Draymond, dan Andre Iguodala. Lebih istimewa lagi karena di dua musim terakhir, Warriors gagal lolos ke playoff.

Warriors pun kini semakin menasbihkan diri mereka sebagai salah satu dinasti dominasi di NBA. Warriors adalah tim pertama sejak Chicago Bulls pada era 90-an yang mampu jadi juara empat kali dalam kurun delapan tahun. (Roc/DRMK)

Foto-Foto: Rocky Padila langsung dari FINAL NBA 2022

Komentar