IBL

Damian Lillard sejauh ini memastikan dirinya menolak mengikuti arus di NBA. Melalui sebuah wawancara terbaru, pemain yang akrab disapa Dame ini menyatakan janji setianya untuk Portland Trail Blazers. Pernyataan ini menepis segala isu yang mengaitkan dirinya dalam berbagai kemungkinan pertukaran yang menyertakan namanya.

Sayangnya, pernyataan Dame ini ternyata memantik komentar yang berseberangan. Menariknya, komentar berseberangan justru datang dari mantan pemain yang baru saja melakukan kolaborasi sepatu dengan Dame, Shaquille O’Neal. Legenda NBA yang kini menjadi analis ini berharap sebaliknya, ia berharap Dame mau memikirkan peluang untuk pindah tim.

“Dame adalah sosok yang punya mentalitas kuno di era modern ini,” buka Shaq dalam acara The Rich Eisen Show. “Pemain kuno akan memiliki mental,”Saya tidak akan menjadi rekan setim Anda, saya akan mengalahkan Anda”. Namun, pemain era sekarang tidak berpikir demikian. Mereka berpikir,”Ayo kita bermain bersama dan mempermudah segalanya”. Ini akan menjadi keputusan yang sulit untuk Dame,” imbuhnya.

“Saya tahu ia ingin bertahan di Portland dan memenangkan segalanya. Namun, saya rasa ia harus mengubah mentalitasnya. Jika semua pemain di liga melakukan itu, maka itu akan semakin membuat Dame menjauh dari gelar juara. Apakah ia harus pindah ke tim kuat untuk membuka peluangnya menjadi juara? Saya rasa harus.”

“Jujur, dalam hati saya, saya tidak suka jika ada pemain hebat berkumpul di satu tim yang sama. Namun, ini adalah kenyataan yang terjadi sekarang. Jika ia bisa pindah ke tim yang sudah punya dua atau tiga bintang dan kemudian menambahkan Dame di sana, saya rasa peluang menjadi juara akan menjadi sangat besar,” tutup pria berusia 49 tahun ini.

Shaq sendiri adalah pemain yang tidak asing dengan gerakan berpindah tim untuk mencari gelar juara. Setelah gagal meraih gelar bersama Orlando Magic di awal kariernya, ia merapat ke Los Angeles Lakers yang berujung pada tiga dari empat cincin juaranya. Cincin terakhirnya bersama Miami Heat pun datang saat ia bertandem dengan pemain seperti Dwyane Wade, Gary Payton, Alonzo Mourning, dan Jason Williams.

Musim depan akan menjadi musim ke-10 Dame bersama Blazers. Sejauh ini, final wilayah adalah langkah terbaik yang pernah Dame dan Blazers capai. Mungkin, ada baiknya Dame atau bahkan Blazers memikirkan saran dari Shaq untuk ke depannya. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar