IBL

Portland Trail Blazers akhirnya menjatuhkan pilihan untuk kepala pelatih baru mereka. Setelah sekitar dua minggu melakukan seleksi, Blazers dikabarkan telah sepakat memilih legenda NBA, Chauncey Billups, untuk memimpin tim musim depan. Kabar ini disampaikan secara bersamaan oleh The Athletic dan ESPN.

Selain Billups, sempat disebut ada nama Becky Hammon dan Mike D'Antoni yang jjga menjadi kandidat. Billups sendiri baru akan bergabung setelah musim Los Angeles Clippers berakhir. Ia sampai sekarang masih tercatat sebagai salah satu asisten pelatih Tyronn Lue. Billups mengemban jabatan ini sejak November. Jika nanti sudah resmi menjadi pelatih Blazers, ini akan jadi pengalaman perdana Billups menjadi kepala pelatih.

Meski sudah pensiun sejak 2014, Billups cukup hati-hati dalam mengambil pekerjaan. Anggapan banyak pihak tentang kemampuan kepemimpinan serta pengertian strategi bermain tak membuatnya langsung terjun ke dunia kepelatihan. Ia menghabiskan enam tahun pensiunnya bekerja sebagai analis untuk ESPN.

Tugas besar sudah menanti Billups. Target utama Blazers adalah untuk tidak membuang lebih banyak waktu dari bintang mereka, Damian Lillard. Blazers ingin juara dengan Lillard dan Billups diharap mampu menularkan mental juaranya kepada tim ini. Billups adalah juara NBA 2004 bersama Detroit Pistons. Ia bahkan terpilih sebagai MVP laga final. Billups tercatat lima kali terpilih sebagai All Star dan empat kali masuk All-NBA Team. Bersama Amerika Serikat, Billups juga menjadi bagian dari medali emas Piala Dunia FIBA 2010 Turki.

Selain itu, beberapa laporan menyebutkan bahwa Billups adalah satu dari dua pelatih yang mendapatkan persetujuan dari Lillard sendiri. Satu nama lain adalah Jason Kidd yang merapat ke Dallas Mavericks. Lillard tampaknya ingin pelatih yang memiliki pengalaman sebagai juara saat bermain dan pengertian tentang strategi yang lebih baik. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar