IBL

Perombakan besar terjadi di Dallas Mavericks. Setelah kemarin resmi kehilangan manajer umum mereka, Donnie Nelson, kini Mavericks juga dipastikan akan kehilangan kepala pelatih, Rick Carlisle. Kabar ini pertama kali disampaikan oleh ESPN.

Ada sedikit perbedaan mengenai kedua kasus ini. Meski diumumkan sebagai keputusan bersama, sumber ESPN yakin bahwa Donnie dipecat oleh pemilik Mavericks, Mark Cuban. Sedangkan untuk Rick, semua ini murni keputusan pribadinya.

Dalam keterangannya kepada ESPN, Rick mendaki bahwa Mark sudah beberapa kali berbincang dengannya untuk bertahan. Namun, untuk musim depan, ia memutuskan mencari tantangan lain. Rick sendiri sebenarnya masih memiliki sisa kontrak dua musim.

Rick sudah menangani Mavericks selama 13 tahun. Ia adalah pelatih dengan masa bakti terlama ketiga untuk sebuah tim memasuki musim ini. Rick hanya kalah dari Gregg Popovich dan Erik Spoelstra. Selama 13 musim itu pula, Rick berhasil membantu Mavericks juara satu kali pada 2011.

Meski hanya satu gelar juara, gelar tersebut dirasa sangat istimewa. Pasalnya, selain menjadi yang pertama untuk organisasi secara keseluruhan, gelar tersebut didapat dengan mengalahkan Miami Heat yang bertabur bintang di masa emasnya. Sayangnya, selepas gelar tersebut, Mavericks dan Rick tak pernah mampu melangkah lebih jauh dari ronde pertama playoff.

Rick total memimpin Mavericks dalam 1033 gim musim reguler dan meraih 555 kemenangan. Secara persentase, catatan tersebut setara dengan 54 persen. Secara total karier melatihnya di NBA (sejak 2001), Rick memiliki rekor menang-kalah (836-689) atau 55 persen persentase kemenangan. Sayangnya, saat di playoff, Rick memiliki rekor yang tak terlalu mentereng. Dalam total 133 gim, ia hanya menang 63 kali (47 persen).

Rick jadi pelatih ketiga dalam dua hari ini yang tak lagi memimpin tim. Sebelumnya, ada Stan Van Gundy yang dipecat oleh New Orleans Pelicans. Stan dianggap gagal di musim pertamanya menangani tim yang dijejali pemain muda ini.

Lalu ada juga Scott Brooks yang berpisah dengan Washington Wizards. Keduanya tak menemukan kata sepakat terkait nominal dan durasi perpanjangan kontrak. Brooks musim ini berhasil mengawal Wizards ke playoff dengan segala permasalahan yang ada.

Ketiga pelatih ini pun dikaitkan dengan total tujuh posisi kepala pelatih yang kosong di NBA. Khusus untuk Rick, ia dikabarkan siap menerima tantangan Portland Trail Blazers. Ia memiliki hubungan baik dengan mantan pelatih Blazers, Terry Stotts, dan bersedia menjadi suksesornya. Pun demikian, Blazers sudah mulai proses wawancara mereka dengan beberapa kandidat lain.(DRMK)

Foto: NBA

Komentar