IBL

James Harden, salah satu pemain "Big 3" Brooklyn Nets terkenal dengan kemampuannya dalam melakukan serangan. Ternyata ada hal yang mengejutkan setelah statistiknya dibedah. Harden masuk dalam lima pemain teratas dengan pertahanan terbaik, menurut InStat Baskeball.

Sejak menjadi pemain Houston Rockets, Harden dianggap sebagai salah satu penyerang dan pencetak poin terbaik di NBA. Kemampuannya dalam melakukan skema isolasi, akurasi tripoin yang bagus, dan pandai memanfaatkan situasi di pertandingan jadi andalan "The Beard". Tetapi akun Twitter InStat Basketball mengungkap sebuah fakta menarik. Harden masuk dalam daftar lima besar pemain bertahan terbaik.

Menurut data tersebut ada lima pemain yang mampu menurunkan akurasi (field goals) lawan dalam post-up, selama musim 2020-2021. Minimal ada 35 tembakan lawan yang mereka gagalkan. Rudy Gobert menduduki peringkat teratas dengan 31,8 persen. Julius Randle menyusul di peringkat kedua (34,8 persen), lalu Bam Adebayo (34,8 persen). Harden ada di urutan keempat dengan 36,1 persen. Sementara di urutan kelima ada Steven Adams dengan 36,2 persen.

Dengan data tersebut, maka ketika seorang pemain berhadapan dengan Harden di dekat ring, maka dia hanya memiliki keberhasilan sebesar 36,1 persen saja. Karenanya, Nets bisa mengandalkannya untuk memperkuat pertahanan. Meski terlihat tidak terlalu agresif dalam mengejar lawan, tapi Harden ternyata bisa diandalkan untuk menghalau tembakan lawan di paint area.

Sementara itu, dalam situs Basketball News disebutkan bahwa perubahan gaya permainan Harden, salah satunya karena faktor Kevin Durant dan Kyrie Irving. Karena ada dua pemain tersebut, maka Harden tidak perlu repot-repot menyerang. Dia hanya perlu sesekali mengejutkan lawan dengan kemampuan mencetak poinnya.

Sayangnya, Nets musim lalu kurang beruntung. Karena Harden, Durant, dan Irving jarang bermain bersama. Badai cedera dan berbagai peristiwa yang menghambat mereka berada dalam satu pertandingan. Namun kalau semuanya sehat, Nets bisa jadi tim yang berbahaya. (tor)

Foto: The Oklahoman

Komentar