IBL

Timnas Indonesia bertolak ke Hungaria, Minggu malam, untuk mengikuti FIBA 3x3 U18 World Cup 2021. Meski lawannya berat, namun timnas 3x3 U18 siap bersaing dengan mereka. Persiapan yang mereka lakukan di GMC Arena berjalan lancar.

Untuk timnas 3x3 putra Indonesia akan bersaing dengan Brazil, Ukraina, Kazakhstan, dan Prancis di Grup A. Sedangkan timnas 3x3 putri di babak penyisihan akan bertemu Jerman, Israel, dan Latvia di Grup C. Di kategori putri, seharusnya ada Sri Lanka. Namun mereka mengundurkan diri karena beberapa pemain terpapar virus korona.

Rafael Pasha, salah satu pemain putra mengatakan, saat ini kondisi tim sudah siap bertanding. Mereka menyiapkan diri sejak 8 Agustus lalu di Cirebon. Dia bersama rekan-rekannya akan tampil bagus di Hungaria.

"Sejak 8 Agustus kami telah mempersiapkan yang terbaik untuk membela nama Indonesia, walaupun dengan waktu yang sangat sempit pelatih mampu memberikan materi-materi dan sistem permainan yang dapat digunakan kami semua sebagai satu kesatuan dan materi penguatan fisik yang baik," terang Pasha, dalam konferensi pers, Sabtu siang, 21 Agustus 2021.

Terkait persaingan di Grup A, Pasha mengaku, Prancis merupakan salah satu tim unggulan. Namun juga tetap tidak bisa meremehkan kekuatan dari Brazil, Kazakhstan, dan Ukraina. Mereka merupakan negara mumpuni dalam 3x3.

"Kami juga yakin bahwa dengan usaha yang maksimal kami bisa memanfaatkan peluang dengan baik di dalam grup A," tukasnya.

Di sektor putri, Margaret Rachel Janna mengaku akan berusaha sebaik mungkin dan berusaha maksimal di ajang nanti. Sebab, kesempatan langka bisa membela nama negara di kancah internasional. Baginya, persaingan di Grup C di FIBA World Cup ini sangat ketat.

"Saya yakin tim saya akan melakukan yang terbaik dan apapun hasilnya kita harus tetap berjuang," tegasnya.

Penanggung Jawab Timnas Bola Basket U-18 Lie Wen mengaku sangat bersyukur dalam perjuangan kali ini mendapat dukungan dari sponsor seperti Bank BTN, Nuraga, Hoops Indonesia, JNE Express, Stayhoops, Makan ku, dan Travel Wifi. Dukungan ini diharapkan bisa menjadi penyemangat para pemain berjuang di Hungaria nanti. Sekalipun, melihat rivalitas di ajang ini pihaknya tidak mematok target muluk. Mengingat, perjalanan mereka masih panjang.

"Saya pribadi tidak ingin memberikan beban bagi mereka, terlebih ini adalah level world cup, dengan memiliki kesempatan melawan pemain terbaik dari seluruh peserta negara-negara di dunia. Saya ingin mereka berusaha sekerasnya, bermain tanpa rasa takut dan tanpa rasa minder, serta dapat menunjukan bahwa atlet-atlet Indonesia adalah sekumpulan pejuang yang berusaha membanggakan bangsanya," terang Lie Wen.

Di FIBA 3x3 U18 World Cup 2021 timnas putri Indonesia diperkuat oleh Angelica Jennifer Candra, Vanissa Renata Siregar, Syarafina Ayasa Sjahril, dan Margaret Rachel Janna. Mereka dipimpin Kepala Bidang Kepelatihan PP Perbasi Taufik Saleh sebagai team delegate. Kemudian untuk tim putra dipimpin Syafiq Ali Mubarak. Pemainnya adalah Rafael Pasha, Franciscus Gerick Fernando, Aaron Nathanael, dan Mikail Jaydra Muhammad. (tor)

Sumber: Rilis PP Perbasi
Foto: @shotsnation @achmadison

Komentar