IBL

Timnas 3x3 U18 Indonesia baik di kategori putra dan putri harus pulang lebih awal dari ajang FIBA 3x3 U18 World Cup 2021, di Debrecen, Hungaria. Mereka tidak memenangkan satu pertandingan pun selama babak penyisihan. Ini menjadi catatan terburuk, bila dibandingkan dengan keikutsertaan terakhir di gelaran yang sama.

Di sektor putra, Indonesia kali ini menurunkan Franciscus Gerick Fernando, Mikail Jaydra Muhammad, Aaron Nathanael, dan Rafael Pasha. Di pertandingan pertama, Indonesia menyerah 9-16 dari Brazil. Kemudian di hari yang sama, mereka kalah dari Kazakhstan dengan skor 15-17. Terakhir, Indonesia kalah telak 9-22 dari Ukraina yang kali ini menjadi pemimpin klasemen Grup A.

Sedangkan di kategori putri, Indonesia diperkuat Angelica Jennifer Candra, Margaret Rachel Janna, Vanissa Renata Siregar, Syarafina Ayasha Sjahril. Di kategori ini, Indonesia juga gagal memetik kemenangan di babak penyisihan. Mereka kalah 4-19 dari Jerman, menyerah 5-22 dari Israel, dan 5-22 dari Latvia. Bahkan, gim melawan Latvia tercatat sebagai pertandingan tercepat kelima untuk kategori putri.

Hasil pada FIBA 3x3 U18 World Cup 2021 kali ini tercatat sebagai prestasi terburuk Indonesia, bila dibandingkan dengan keikutsertaan terakhir di ajang yang sama. Bahkan untuk tim putri, mereka sempat melaju di babak playoff.

Timnas 3x3 U18 putra Indonesia sebelumnya tampil di FIBA 3x3 U18 World Cup 2017 di Chendu. Pemainnya saat itu adalah Muhammad Arighi, Ronald Firdaus Pua Dawe, Nickson Damara Gosal, dan Arya Partha. Waktu itu, Indonesia menjalani empat pertandingan di babak penyisihan, melawan Belgia, Uganda, Rumania dan Yordania. Dari empat pertandingan tersebut, Indonesia berhasil mencuri satu kemenangan dari Yordania dengan skor 21-9.

Sementara untuk kategori putri, Indonesia terakhir mengikuti FIBA 3x3 U18 World Cup 2019 di Ulaanbatar. Pemain yang tampil kala itu adalah Sophia Rebecca Adventa, Amelia Ryan Ayu Ardhany, Adelaide Callista Wonsohardjo, dan Hoo Valencia Angelique Pramono. Tim ini tampil perkasa di babak penyisihan Grup D. Indonesia menang 16-12 dari Rumania, lalu mengalahkan Swiss dengan skor 15-13. Indonesia juga berhasil menang dari Belgia dengan skor 15-14. Sementara satu kekalahan didapat dari Jepang dengan skor akhir 11-15 setelah waktu pertandingan habis.

Tim putri Indonesia saat itu melaju ke playoff. Sayangnya, mereka langsung bertemu Amerika Serikat di perempat final. Di fase tersebut, Indonesia menyerah 10-16. Tim putri Amerika Serikat akhirnya menjadi juara di edisi 2019. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar