IBL

Timnas 3x3 Indonesia usia 18 tahun akan bertolak ke Hungaria untuk mengikuti FIBA 3x3 U18 World Cup 2021. Kompetisi ini berlangsung selama enam hari, mulai 24 hingga 29 Agustus 2021. Lawan-lawan berat sudah menanti Indonesia di babak penyisihan.

Timnas 3x3 U18 Indonesia putra diperkuat oleh empat pemain yaitu Fransiscus Gerick Fernando, Mikail Jaydra Muhammad, Aaron Nathanael, dan Rafael Pasha. Di babak penyisihan, Indonesia ada di Grup A bersama Kazakhstan, Prancis, Brazil, dan Ukraina. Di level ini, Kazakhstan merupakan unggulan pertama.

Pendamping tim putra Syafiq Barawas tampaknya tidak mau mematok target terlalu tinggi. Karena di tengah situasi pandemi, banyak kompetisi yang ditunda. Ini membuat jam terbang pemain berkurang. Belum lagi, lawan-lawan kali ini juga bukan tim sembarangan.

"Saya tidak mematok target. Yang penting setiap pertandingan bisa bermain bagus," kata Syafiq, dikutip dari dbl.id.

Menurut Syafiq, salah satu yang menjadi penekanan dalam tim ini adalah akurasi tembakan. Sebab, lawan jelas lebih tinggi. Tidak mungkin untuk memaksakan bermain di dalam area kunci.

"Kami harus matangkan tembakan pemain. Tidak mungkin kita bermain inside terus. Itu yang jadi pekerjaan rumah kami," imbuhnya.

Sementara untuk timnas 3x3 Indonesia putri, empat pemainnya yaitu Angelica Jennifer Candra, Margaret Rachel Janna, Vanissa Renata Siregar, dan Syarafina Ayasha Sjahril. Di kategori putri, Indonesia tergabung di Grup C untuk babak penyisihan. Empat negara lainnya yang masuk grup ini adalah Jerman, Latvia, Sri Lanka, dan Israel. Ada dua tim dengan peringkat 10 besar di 3x3 putri U18, yaitu Jerman (peringkat 3) dan Latvia (peringkat 6).

Kabarnya, Indonesia akan bertolak ke Hungaria lima hari lagi (22 Agustus 2021). Mereka kini sedang melakukan persiapan di GMC Arena, Cirebon. (tor)

Foto: Instagram 3x3 Indonesia

Komentar