IBL

Dwight Howard kembali ke Los Angeles Lakers untuk musim 2021-2022. Tapi dia tidak bisa membawa sahabatnya, Danny Green. Sebab, Lakers tidak punya anggaran untuk mendatangkan pemain 34 tahun tersebut. Akhirnya D12 setuju untuk tetap bertahan di Philadelphia 76ers sampai tahun 2023.

Minggu lalu, Danny Green menandatangani kontrak baru dengan Sixers. Kontrak tersebut berdurasi dua tahun dengan nilai sebesar AS$20 juta. Green semakin yakin untuk bertahan di Philadelphia setelah dirayu oleh Joel Embiid. Tapi sebelum kontrak tersebut ditandatangani, ternyata ada cerita menarik, khususnya tentang ajakan Dwight Howard untuk bergabung kembali ke Lakers.

(Sumber foto: Silver Screen and Roll)

Veteran 12 tahun di NBA itu pernah bermain di Lakers pada musim 2019-2020. Dia dan Howard membantu Lakers mendapatkan gelar juara NBA ke-17 sepanjang sejarah liga. Green bergabung dengan Sixers pada tahun 2020 melalui skema pertukaran pemain yang rumit. Awalnya, Green dikirim ke OKC Thunder bersama Jaden McDaniels sebagai imbalan untuk mendapatkan Dennis Schroder. Tapi Thunder mengirimnya ke Sixers untuk ditukar dengan Al Horford. Ternyata Sixers saat itu mendatangkan Dwight Howard. Jadilah keduanya kembali bermain berama selama musim kompetisi 2020-2021.

Sudah bukan rahasia lagi kalau para pemain biasanya juga berperan sebagai agen. Mereka berusaha meyakinkan manajemen untuk merekrut teman-temannya. Speerti LeBron James yang sukses meyakinkan manajemen agar mendatangkan Carmelo Anthony. Sementara, Howard ternyata mengajukan nama Danny Green kepada Rob Pelinka, presiden operasi bola basket Lakers. Namun Lakers tidak punya anggaran.

"Memang agak aneh bagi saya. Di usia saya yang sekarang banyak tim yang menginginkan saya. Tapi mereka tidak punya anggaran untuk itu," kata Green kepada Paul Hudrick dari Liberty Ballers. "Dwight mencoba membawa saya ke Lakers lagi. George Hill ingin saya bergabung dengan Milwaukee."

Khusus untuk Lakers, mereka tidak punya anggaran yang cukup untuk mendatangkan D12. Bahkan dengan gaji minimum untuk pemain veteran. Itulah yang membuat Green akhirnya mau menandatangani kontrak dengan Sixers. Kini Green berpisah dengan Howard untuk pertama kalinya sejak tahun 2018. Padahal chemistry kedua pemain sudah terjalin dengan baik.

Howard percaya bahwa Green bisa memberikan dampak positif bagi Lakers. Di musim 2019-2020, Green mencetak 8,0 poin, 3,3 rebound, dan 1,3 asis dalam 68 pertandingan, dengan akurasi tembakan 41,6 persen. Kemudian di Sixers musim lalu, Green mencetak 9,5 poin, 3,5 rebound, dan 1,6 asis dalam 69 pertandingan. Danny Green sangat berpengalaman di playoff NBA. Buktinya dia sudah tiga kali jadi juara NBA bersama San Antonio Spurs (2014), Toronto Raptors (2019), dan Lakers (2020). (tor)

Foto: Philadelphia Inquirer

Komentar