IBL

NBA seperti menutup mata dan telinga terhadap usulan untuk mengganti logo selama 74 tahun terakhir. Namun pada Rabu, 7 Juli 2021, waktu Amerika Serikat, NBA mengumumkan perubahan logo untuk musim 2021-2022. Sayangnya logo baru ini tetap menuai kritikan penggemar NBA.

Pada 6 Juni 1946, liga basket Amerika Serikat lahir. Basketball Association of America memulai liga tersebut dengan pertandingan antara New York Knicks dan Toronto Huskies pada 1 November 1946. Tiga tahun kemudian, liga tersebut bergabung dengan National Basketball League untuk membentuk NBA. Lebih dari tujuh dekade kemudian, liga ini menjelma jadi kompetisi terbaik di dunia.

Pada peringkatan ke-75, atau tepatnya di musim 2021-2022, NBA merilis logo baru. Berbeda dengan versi persegi panjang pada umumnya, logo ini menggunakan siluet berlian. Ibarat ulang tahun pernikahan ke-75, yang dianggap sebagai hari jadi berlian.

Menurut pernyataan resmi liga, logo baru ini akan muncul sepanjang musim 2021-2022 di lapangan dan merchandise resmi NBA. Muncul juga di dalam arena dan siaran langsung, konten media digital dan sosial.

Tapi tampaknya perubahan logo ini tidak memuaskan sebagian penggemar. Mereka mengkritik bahwa NBA tidak serius melakukan perubahan. Liga dituduh tidak sepenuh hari mendesain ulang logonya. Hanya mengubah bentuknya dari memanjang jadi berlian. Beberapa penggemar masih berhadap ada perubahan yang lebih besar. Sepertinya mereka masih berharap bahwa siluet mendiang Kobe Bryant menggantikan Jerry West. Mereka menyuarakannya di Twitter.

Kenyataannya NBA jarang mengubah logonya. Mereka mengadopsi siluet Jerry West pada tahun 1969 dan hanya mengubahnya sedikit pada tahun 2017. Sementara itu, tidak ada logo khusus yang ditugaskan pada ulang tahun ke-50 pada tahun 1996 lalu. Jadi perubahan yang dilakukan tahun ini adalah yang pertama bagi liga. Sebab bertepatan dengan momen penting dalam sejarah NBA. (tor)

Foto: Againts The Number

Komentar