IBL

Babak utama atau 16 Besar FIBA Asia Cup 2021 akan berlangsung di Jakarta pada 17-29 Agustus mendatang. Setelah Window 3 di Filipina selesai, sudah ada 13 negara yang mengantongi tiket ke Jakarta. Dari jumlah tersebut sudah termasuk Indonesia sebagai tuan rumah.

Berikut daftar 13 negara yang sudah lolos ke babak utama FIBA Asia Cup 2021:
Tuan rumah: Indonesia
Grup A: Filipina dan Korea
Grup B: Tiongkok dan Jepang
Grup C: Australia dan Selandia Baru
Grup D: Lebanon dan Bahrain
Grup E: Iran dan Suriah
Grup F: Yordania dan Kazakstan

Dikutip dari laman fiba.basketball, dari Grup A, Filipina dan Korea menjadi tim yang lolos ke babak 16 besar setelah melewati tiga fase kualifikasi. Korea pernah dua kali juara FIBA Asia Cup. Sedangkan Filipina sudah lima kali juara dari 10 penampilan mereka.

Iran yang menjadi runner-up di edisi tahun 2017, memastikan lolos setelah kemenangan atas Qatar, bulan ini. Iran sudah tiga kali juara di FIBA Asia Cup. Setelah itu, Yordania dan Kazakstan yang mengamankan tiket ke Jakarta. Yordania sebagai finalis tahun 2011 akan mencoba peruntungan di penampilan kesembilan mereka pada ajang FIBA Asia Cup. Sedangkan Kazakstan akan tampil untuk keempat kalinya di gelaran tersebut.

Untuk Grup B dan C, ternyata tidak dimainkan lagi. Jadi poin dihitung dari hasil terakhir kualifikasi yang sudah dijalankan tim-tim di grup tersebut. Australia dan Selandia Baru otomatis lolos karena menempati peringkat satu dan dua. Sementara Guam di peringkat ketiga akan bermain di Kualifikasi Terakhir yang mempertemuan semua tim peringkat tiga dari masing-masing grup. Sementara di Grup B, karena Malaysia tidak ikut di Window 3, maka otomatis Tiongkok dan Jepang yang lolos. Sedangkan Taiwan akan bertanding di Kualifikasi Terakhir.

Berikut daftar tim pertingkat tiga yang akan tampil di Kualifikasi FIBA Asia Terakhir, sebelum babak utama:

Grup A: Indonesia
Grup B: Taiwan
Grup C: Guam
Grup D: India
Grup E: Arab Saudi
Grup F: Palestina

Karena sudah ada 13 negara yang lolos, maka sisanya tinggal tiga tiket lagi ke babak utama. Tiga tempat terakhir akan ditentukan melalui Turnamen Kualifikasi Terakhir yang akan dimainkan di Jakarta pada 12-14 Agustus 2021. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar