IBL

Kemarin, FIBA Asia bersama Panitia Pelaksana sudah mengumumkan bahwa gelaran Piala Asia FIBA 2021 (FIBA Asia Cup 2021) akan diselenggarakan di Jakarta pada 17-29 Agustus mendatang. Namun 16 tim peserta belum ditentukan karena kualifikasi belum selesai. Untuk sisa pertandingan kualifikasi di Jendela Ketiga akan berlangsung di Filipina (16-20 Juni), dan Yordania (12-14 Juni).

Pada 9 April lalu, secara resmi FIBA mengumumkan bahwa sisa pertandingan Kualifikasi Piala Asia akan diselenggarakan pada bulan Juni. Dari tiga Jendela (window), yang seharusnya berlangsung antara tahun 2020-2021, sempat terjadi pembatalan untuk Jendela ketiga karena pandemi Covid-19. Bukan hanya sekali, bahkan sampai dua kali rencana tersebut batal

Baca juga: FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Jendela Ketiga di Qatar Dibatalkan

Tetapi akhirnya pihak FIBA Asia mengumumkan bahwa sisa pertandingan bisa diselenggarakan di Filipina dan Yordania. Untuk pertandingan di Clarck City, Filipina berlangsung pada 16-20 Juni, dan pesertanya adalah Grup A, B, C. Sedangkan untuk Grup E dan F akan dimainkan di Amman, Yordania pada 12-14 Juni mendatang. Dari kualifikasi di dua tempat tersebut akan dipilih 10 tim peserta yang akan lolos ke babak utama.

Saat ini, dari 24 peserta kualifikasi, sudah ada tiga negara yang lolos ke babak 16 besar, yaitu Indonesia (tuan rumah), Bahrain dan Libanon. Namun sesuai mekanisme kualifikasi, tim yang lolos harus menempati peringkat pertama dan kedua di grup masing-masing. Kemudian peringkat ketiga dari masing-masing grup akan bertanding lagi di Jakarta pada 12-14 Agustus mendatang, untuk memperebutkan empat tiket sisanya.

Meski sudah lolos, Indonesia harus tetap mengikuti proses ini hingga selesai. Agar semakin aman, Indonesia sebaiknya berada di peringkat ketiga di kualifikasi, serta berjuang mendapatkan salah satu dari empat tiket tersebut di Jakarta. (tor)

Foto: fiba.basketball

Komentar