IBL

Filipina sudah memastikan diri tampil di babak 16 besar FIBA Asia Cup 2021, di Jakarta, bulan Agustus mendatang. Sebab, mereka sudah menang empat kali tanpa kalah di Grup A. Korea dan Tiongkok sebenarnya berpeluang lolos, tapi mereka masih dalam tahap pemeriksaan FIBA soal kasus indisipliner di Window 2 lalu.

Pada pertandingan pembuka Window 3 di Pampanga, Filipina, Rabu lalu, Filipina menang 81-78 atas Korea. Dengan hasil ini, maka Filipina sudah mengumpulkan delapan poin (4-0) di babak kualifikasi. Mereka dinyatakan lolos ke babak 16 besar. Jadi dua pertandingan tersisa di Window 3 tidak berpengaruh pada hasilnya. Filipina dijadwalkan bertanding melawan Indonesia hari ini, Jumat, 18 Juni 2021. Lalu dilanjutkan melawan Korea lagi pada hari Minggu, 20 Juni 2021.

Sementara itu, Korea kemarin siang menang 104-81 dari Indonesia. Seharusnya, dengan rekor 3-1, Korea sudah bisa dinyatakan lolos ke babak 16 besar. Tetapi belum ada pengumuman karena Korea masih dalam pemeriksaan FIBA terkait kasus indisipliner mereka di Window 2 akhir tahun lalu.

Ternyata itu juga berlaku bagi Tiongkok dan Taiwan, yang ada di Grup B. Kedua negara sedang dalam tahap penyelesaikan kasus indisipliner yang bisa menyebabkan poin mereka dipotong. Sehingga untuk saat ini belum ada pengumuman dari FIBA mengenai tiga negara, yaitu Tiongkok, Taiwan, dan Korea.

Sementara itu Filipina menyusul negara yang sudah memastikan diri lolos ke Jakarta. Mereka adalah Lebanon, Bahrain, Iran, Kazakstan, Yordania, Suriah, dan Indonesia sebagai tuan rumah. (tor)

Baca juga: Tujuh Negara yang Sudah Lolos Babak 16 Besar FIBA Asia Cup 2021

Foto: fiba.basketball

Komentar