IBL

Timnas Indonesia menelan kekalahan kedua di ajang FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Window 3, Jumat malam. Indonesia kalah dari Filipina dengan skor 51-76. Kalau kemarin Indonesia gagal membendung akurasi tembakan jarak jauh Korea, hari ini Andakara Prastawa Dhyaksa dan kawan-kawan gagal dihajar di paint area.

Setelah kalah dari Korea, kemarin siang, Indonesia tampil kurang lengkap. Menurut Asisten Manajer Andy Poedjakesuma, Hardianus mengalami sedikit masalah dengan fisiknya. Jadi harus diistirahatkan di pertandingan ini. Tim inti Indonesia kali ini berisi Andakara Prastawa Dhyaksa, Agassi Yeshe Goantara, Abraham Damar Grahita, Juan Laurent Kokodiputra, dan Lester Prosper.

Di kuarter pertama, Filipina membuka keunggulan lewat Justine Baltazar. Lalu Indonesia baru mencetak poin setelah tiga menit. Prastawa mencetak tripoin dan berbalik unggul 3-2. Indonesia masih memimpin jalannya laga hingga empat menit. Setelah itu, Filipina berbalik unggul sampai kuarter pertama ditutup. Filipina memimpin 15-11 di akhir kuarter pertama.

Beranjak ke kuarter kedua, Indonesia tetap tertinggal dari Filipina. Sebenarnya kedua tim tidak menampilkan permainan yang bagus. Dari sisi akurasi tembakan, Filipina hanya di kisaran 27,9 persen (12/43). Sebaliknya, Indonesia hanya bisa memasukkan 8 tembakan dari 27 percobaan (29,6 persen). Rebound juga jadi masalah bagi Indonesia. Sebab Filipina unggul rebound 29-19. Indonesia hanya membuat dua offensive rebound saja. Indonesia juga melakukan 11 turnovers di first-half yang sangat merugikan. Filipina memimpin 30-22 saat turun minum.

Di kuarter ketiga, Indonesia sempat mendekat 28-33 di awal, melalui tembakan gratis Agassi. Setelah itu, Agassi juga mencetak tripoin memanfaatkan asis dari Abraham. Indonesia mendekat 31-35. Filipina melaju 11-0 untuk memimpin 48-31 hingga dua menit terakhir kuarter ketiga. Indonesia menghentikan laju Filipina dengan tripoin dari Prastawa. Indonesia tertinggal 36-51 di kuarter ketiga. Kali ini Filipina bisa menambahkan 21 poin, yang jadi catatan terbanyak mereka di laga ini.

Filipina sudah mengeluarkan empat pemain inti di kuarter keempat. Meninggalkan Justine Baltazar yang bertugas memimpin empat pemain dari lini kedua. Sampai lima menit berjalan, Filipina memimpin 66-43. Filipina lebih produktif di kuarter keempat. Mereka bisa unggul 25-15, sekaligus mengunci kemenangan atas Indonesia.

Indonesia kalah telak di paint area. Filipina unggul 40-18 untuk points in the paint. Mereka juga mengumpulkan rebound lebih banyak ketimbang Indonesia dengan 58-31 rebound. Dari jumlah tersebut, Filipina bisa mengambil 26 offensive rebound, dan mencetak 23 poin dari second chance. Sementara itu, dari 17 turnover yang dilakukan Indonesia, Filipina bisa mengambil keuntungan dengan mencetak 23 poin. Di kuarter keempat, mereka unggul 25 poin, yang sulit dikejar oleh Indonesia.

Dwight Ramos bermain bagus untuk Filipina dengan torehan dobel-dobel (10 poin dan 12 rebound). Kemudian, Justine Baltazar dan Kakou Ange Franck Williams Kouame masing-masing menambahkan 11 poin. Sebaliknya, dari Indonesia, Lester Prosper jadi top skor dengan 22 poin.

Indonesia akan kembali bertanding pada hari Minggu, 20 Juni 2021. Kali ini, Indonesia akan berhadapan dengan Thailand. (tor)

Foto: FIBA Asia Cup

Komentar